oleh

Atasi Krisis Air, Salurkan Air Bersih

-Metropolis-49 views

PRABUMULIH – Krisis air bersih yang sudah dirasakan oleh sejumkah desa dan wilayah di Prabumulih, diharapkan mendapat perhatian dari pemerintah dalam hal ini PDAM. “PDAM, harus bisa menyalurkan air bersih ke masyarakat. Karena kemarau ini kebutuhan air sangat penting,” kata Anggota DPRD Komisi II Feri Alwi belum lama ini.

Disampaikan Feri, selain PDAM. Pihak-pihak perusahaan beroperasi diwilayah kekurangan air, harus turut serta membantu menyediakan air. “Ya harus, mereka juga harus ada sumbangsih untuk masyarakat termasuk menyediakan air bersih,” ungkapnya. Lenih lanjut, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga mengingatkan masyarakat, untuk tidak melakukan aktivitas terlarang saat kemarau tiba. Diantaranya tidak meracun ikan, dan tidak membakar lahan. “Meracun ikan disungai akan mempengaruhi kualitas air, dan kemarau harus waspada dengan api,”pesannya.

Sementara itu, Direktur PDAM Fajar C Ardhana dibincangi terpisah menyampaikan, sejak kemarau ini PDAM sudah menyalurkan bantuan air bersih secara gratis kepada masyarakat. “Sudah banyak yang kami salurkan, dan itu berdasarkan permohonan pengajuan dari RT-RT,” kata Fajar. Pihaknya tegas Fajar, siap dan siaga menyalurkan air dengan catatan dilokasi disiapkan tempat penampungan. “Selama ada usulan, dan ada tempat penampungan di satu titik sehingga semua masyarakat bisa menjangkau kami siap. Begitupun didesa-desa selagi ada laporan akan kami tindaklanjuti,” tukasnya.

Seperti diketahui, diwilayah RKT seperti desa Sinar Rambang dan desa Kemang Tanduk sudah mengalami krisis air sekitar 1 bulan lalu. Saat ini warga mengandalkan air sumur yang ada di hutan dan rawa. Begitu juga dengan warga desa Tanjung Menang Kecamatan Prabumulih Selatan. Untuk memenuhi kebutuhan minum warga mengandalkan sumur yang belum kering. Sementara untuk mandi warga mulai pergi kehutan, dan sungai yang juga mulai kering.(08)

Komentar

News Feed