oleh

Api Nyaris Lalap Pemukiman Warga

-Metropolis-46 views

PRABUMULIH – Api cukup besar disebabkan kebakaran lahan di sekitar Jalan Dempo Dalam Kelurahan Muara Dua, Kecamatan Prabumulih Timur, Sabtu (5/10), sekitar pukul 13.30 WIB cukup membuat warga was-was.

Apalagi, jaraknya sudah cukup dekat dengan pemukiman warga. Belum diketahui jelas, sumber api berasal dari mana. Tetapi, ada dugaan lahan sengaja dibakar.

Untungnya, tidak lama petugas Damkar dan dua unit blanwir datang ke lokasi kejadian memadamkan bersama warga. Begitu juga petugas dari Polsek Prabumulih Timur, sebelum petugas Damkar dan blanwir telah datang duluan dan ikut memadamkan api.

Informasi dihimpun koran ini, kejadian pertama kali diketahui Marwan (45), salah satu warga begitu keluar rumah mendapati abu terbang ke udara banyak jatuh ke rumahnya.

“Pas mendekati lahan di depan rumah, ternyata api sudah mulai membesar dan suara api bergemuruh membakar lahan terdengar jelas,” ucapnya kepada awak media.

Ia pun memberitahukan warga lain, tak lama berduyun-duyun ke lokasi kejadian. Memadamkan api dengan peralatan seadanya, agar api tidak menjalar dan mengenai pemukiman warga.

“Alhamdulillah, begitu Damkar datang. Api bisa dipadamkan dengan cepat, kalau tidak kita takut mengenai pemukiman warga sekitar. Apalagi, api cepat sekali membakar lahan. Ini kejadian kedua kalinya,” akunya.

Plt Kasat Pol PP, Hartono SE MSi dikonfirmasi melalui Kabid Damkar, Sriyono SH menerangkan, begitu mendapat laporan langsung mengerahkan petugas ke lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman.

“Betul, kita dapat laporan kebakaran lahan di Jalan Dempo Dalam. Anggota telah bergerak ke lokasi dan melakukan pemadaman,” tukasnya.

Ungkapnya, laporan dari petugas lapangan api sudah bisa dikuasai. Namun, belum diketahui pasti asal api. “Api sudah dipadamkan, tetapi penyebabnya tidak tahu. Api diduga dari arah Jalan Kerinci, karena tidak ada sumber api dari Jalan Dempo Dalam keterangan dari warga,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed