oleh

Antusias Nobar Film G30S/PKI

PRABUMULIH – Masyarakat di Kelurahan Gunung Ibul kemarin (23/4) malam, khususnya masyarakat berdomisili di RT 04, RW 03 terlihat antusias nonton bareng Film G30S/PKI.
Dimana pemutaran film tersebut diselenggarakan oleh ketua RW 03 setempat, yang bekerjasama dengan pihak Koramil 04-04, Yonzipur 2/SG dan Polres Prabumulih.

Pantau koran ini, pemutaran film G30S/PKI tesebut dilaksanakan di jalan Krakatau yang bertempat dilapangan kosong milik seorang masyarakat. Bukan hanya dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat, kaum adam dan kaum hawa dewasa serta para orang tua saja.

Namun juga dihadiri anak-anak hingga remaja baik putra dan putri. Ratusan penonton tersebut malam itu dapat menikmati film sejarah dengan berteduh dibawah sebuah tenda yang telah disiapkan dari panitia penyelenggara.
“Informasi dari masyarakat kita pernah dengar film G30S/PKI itu. Tapi saya, tak tahu persis isi cerita yang terkandung di dalam film ini,” ujar Iis Taglalia, salah satu warga setempat, ketika dibincangi koran ini, di sela-sela sedang asyik menonton film G30S/PKI..

Karena dinilai tertarik dengan film tersebut, kata remaja yang saat ini bersekolah di SMA Negeri 1. Ia bersama keluarga dan teman-teman sebaya di kampungnya, telah hadir sejak awal dimana film itu diputarkan.
“Secara pasti kita belum tahu isi cerita film ini. Kan karena film ini baru dimulai pemutarannya,” jelasnya remaja kelas X IPA 4 itu.
Agar sejarah bangsa dan negara ini tidak begitu saja ditelan zaman. Ada baiknya, pemeritah yang terkait. Minimal setiap setahun sekali, harus memutarkan ulang film sejarah ini.
“Pasalnya, ini wajib disampaikan kepada anak-anak/generasi penerus bangsa kita. Supaya mereka (generasi, red) ini selalu ingat dengan cerita ini,” ujarnya seraya mengatakan kali terakhir dirinya menontong film sejarah tersebut, yaitu pada 1998 lalu.
Ketua RW 03 dan juga Panitia Pelaksana Nonton Barang (Nobar) G30S/PKI, Suranto menyebutkan, film ini memang sengaja diputarkan pihaknya sesuai dengan permintaan dari masyarakatnya.
“Ini kita lakukan guna kembali mengingatkan masyaratk dan mengenalkan salah satu sejarah Indonesia yang ada,” tegasnya.

Terutama sasaran pemutaran film tersebut, sambung lelaki yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) Kelurahan GI, diperuntukkan bagi generasi penerus NKRI dimasa akan datang.
“Sehingga, diharapkan cerita ini nantinya terus- dapat berkelanjutan menjadi bahan ingatan mereka dikemudian hari,” tukasnya.

News Feed