oleh

Antisipasi Banjir, Monitor dan Cek Kondisi Sungai

-Metropolis-16 views

PRABUMULIH – Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Rabu (9/12/2020) melakukan monitor dan pengecekan sungai.

Monitor dilakukan di Sungai Air Manau, Sungai Nibungan, dan Sungai Kelakar. Ketiga sungai tersebut berada di Kelurahan Sukaraja, Kelurahan Majasari, dan Kelurahan Tanjung Raman.

Sekretaris Daerah (Sekda), Elman ST MM melalui Pelaksana Tugas Kepala BPBD, Sriyono SH mengungkapkan, pengecekan sungai ini dimaksudkan guna mengantisipasi bahaya banjir akibat sungai meluap.

“Seminggu sekali, pengecekan sungai rutin kita lakukan dalam antisipasi banjir di cuaca ekstrem sekarang ini. Dan, curah hujan cukup tinggi,” ujarnya kepada awak media, kemarin.

Hal ini, kata dia, tindaklanjuti dari saran Walikota (Wako), Ir H Ridho Yahya MM. “Ada sekitar 6 petugas, kita terjunkan. Jumat ini, akan dilakukan pembersihan di pinggir sungai melibat warga beserta kecamatan dan kelurahan,” terangnya.

Pantauan BPBD, sejauh ini debit air sungai masih relatif normal. Dan, meski demikian diimbau masyarakat di pinggiran sungai untuk selalu waspada dan hati-hati. Karena, air sungai bisa sewaktu-waktu bisa naik dan menyebabkan air sungai meluap.

“Karena, banjir bisa terjadi sewaktu-waktu. Sehingga, jika terjadi banjir bisa menyelamatkan diri,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed