oleh

Anggarkan Rp 90 M Perbaikan Jalan 23 KM

-Metropolis-260 views

MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) pada 2019 mendatang tetap fokus pada pembangunan infrastruktur terutama perbaikan jalan. Salah satunya, perbaikan jalan perbatasan antara Kabupaten OKU Timur (OKU) menuju Kabupaten OKI.
Jalan sepanjang 23 kilometer (KM) tersebut diperkirakan menalan dana sebesar Rp 90 miliar. “Saat ini pengerjaan jalan baru sepanjang 6 kilometer dan masih ada 17 kilometer lagi,” ujar Wakil Bupati, Fery Antoni SE saat meninjau infrastruktur yang ada di Semendawai Timur, Jumat lalu (7/9).

Tidak hanya itu, Pemkab juga telah melakukan pembangunan ruas jalan simpang SMU Tulung Harapan, Kecamatan Semendawai Timur yang berbatasan dengan Kabupaten OKI sepanjang 7,3 KM dengan anggaran Rp 16 miliar.

“Untuk dana yang akan kita gunakan tentu harus disesuaikan dengan kondisi keuangan, tapi prinsipnya kita berusaha membangun infrastruktur yang baik. Kita berharap masyarakat dapat bersabar dalam menunggu tahapan pembangunan.

Selain jalan, dalam waktu dekat ur akan melakukan pembangunan jembatan Sungai Macak dengan panjang 56 meter di Desa Melati Agung yang menghubungkan Desa Kota Tanah, Desa Bungin Jaya, Desa Kota Mulya, Kecamatan Semendawai Timur.

“Kita meninjau langsung ke desa-desa untuk mengetahui kondisi jalan yang rusak dan harus segera dibangun, sekaligus melakukan pengawasan dalam proses pengerjaannya. Dimana, infrastruktur memang masih menjadi PR (pekerjaan rumah). Tapi kita bertekad untuk mengakhiri penderitaan rakyat dampak dari buruknya jalan dan jembatan. Namun pengerjaan kita lakukan secara bertahap dan merata, serta menyesuaikan anggaran,” ujarnya.

Dikatakannya, saat ini yang menjadi permasalahan di Desa Kota Tanah adalah jembatan, karena ini satu-satunya akses penghubung ke empat desa di Kecamatan Semendawai Timur akhir tahun ini juga Pemkab OKU Timur akan segera merealisasikan perbaikan jembatan agar transportasi masyarakat tidak terhambat.

Selanjutnya, Fery juga memeriksa langsung pengerjaan jembatan di Desa Mulya Jaya, Kecamatan Semendawai Timur yang membentang sepanjang 33 meter. Pengerjaan jembatan tersebut hampir 100 persen rampung dan ditargetkan akan selesai dan bisa dilalui pada tahun ini.

Sementara, Kepala Dinas PU TR OKU, menambahkan, untuk pembangunan jalan kabupaten pemerintah sudah menganggarkan. Bahkan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 90 miliar.
“Untuk dana kita sesuaikan dengan kondisi keuangan. Semoga masyarakat bersabar dengan kondisi jalan sekarang. Pemerintah Kabupaten OKU Timur tetap berkomitmen untuk melakukan perbaikan,” ungkapnya. (mg1)

News Feed