oleh

Amankan 10 Motor

-Ringkus-336 views

PRABUMULIH – Sekitar sepuluh kendaraan bermotor yang tidak memenuhi spesifikasi teknis keselamatan dan tanpa dokumen terjaring razia yang dilakukan jajaran Polres Prabumulih pada Sabtu (22/7) malam lalu.
Kapolres Prabumulih AKBP Andes Purwanti SE MM melalui Kabag Ops, Kompol Andi Supriadi SH SIk MH menuturkan, operasi ini dilakukan untuk penertibàn serta menekan angka kecelakaan lalulintas. Selain itu juga dalam rangka cipta kondisi dalam rangka antisipasi tindak kejahatan terjadi.
“Operasi cipta kondisi (cipkon) ini tiap malam kita gelar dalam rangka mengantisipasi gangguan Kamtibmas dengan sasaran curas, curat, curanmor, sajam, balapan Liar, handak, senpi, penjual miras dan narkoba, guna menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polres Prabumulih ini tentunya,” ujar Kompol Andi Supriadi, kemarin (23/7).
Menurut dia, razia stasioner Sabtu malam kemarin ini dilakukan oleh personel gabungan di antaranya Polres, seluruh polsek-polsek yang ada di Prabumulih yang di pimpin langsung oleh Kasat Reskrim AKP Eryadi Yuswanto SH MH dengan patroli hunting secara serentak di beberapa titik yang dianggap rawan terjadinya gangguan kamtibmas yang ada di wilayah Kota Prabumulih.
“Kita membagi personel dengan menjadi lima tim. Tim pertama yang dipimpin oleh Kasat Reskrim melakukan kegiatan razia maupun patroli hunting dengan rute di mulai dari jalan Jenderal Sudirman depan Bank Sumsel Babel Prabumulih, Taman Wonosari, Taman Kota Prabu Jaya, lalu kembali ke sekitaran Budi Utomo dan stasiun Kereta Api hingga ke kawasan tugu kuda,” terang Andi Supriadi.
Lebih lanjut disampaikan Andi, dari beberapa lokasi tersebut petugas berhasil mengamankan satu unit sepeda motor yang tidak dapat menunjukan dokumen kendaraan pada saat dilakukan pemeriksaan serta melakukan tilang STNK sebanyak dua lembar. Kemudian, tim kedua adalah personel Polsek Prabumulih Timur yang dipimpin oleh Ipda Wanianto.
“Mereka melaksanakan patroli hunting di beberapa lokasi di wilayah hukum Polsek Prabumulih Timur diantaranya dari kawasan Tugu Air mancur, lanjut ke jalan RA Kartini Sukajadi lalu ke wilayah Taman Prabu Jaya dan Jalan Padat Karya Kota Prabumulih. “Nah di lokasi itu petugas mengamankan empat unit sepeda motor yang tidak dapat menunjukan dokumen kendaraan pada saat dilakukan pemeriksaan,” tuturnya.
Selanjutnya, tim ketiga yaitu Polsek Rambang Kapak Tengah (RKT) yang dipimpin Kanit Reskrim, Aiptu Darmawan secara serentak melaksanakan razia stasioner di depan Polsek RKT serta tim keempat yaitu, Polsek Prabumulih Barat yang dipimpin oleh Kapolsek Prabumulih Barat AKP Sofyan Afandi SH juga melakukan kegiatan razia di depan Polseknya.
“Dari masing-masing lokasi razia petugas mengamankan lima unit sepeda motor yang tidak dapat menunjukan dokumen kendaraan pada saat dilakukan pemeriksaan,” terangnya seraya mengatakan pihaknya pun melakukan penilangan STNK terhadap sepeda motor sebanyak dua lembar dan satu lembar penilangan terhadap STNK mobil.
Sementara, Timsus Bhayangkara Tantura Patrol yang dipimpin oleh Ipda Sardinata malam itu menjadi tim kelima mereka yang melakukan patroli secara mobile. Tim ini melakukan patrolinya di mulai dari Tugu Air Mancur, jalan M Yamin belakang Pasar, kemudian menyisiri kawasan Jalan Tangkuban Perahu berlanjut ke kawasan Pasar.
“Dan petugas pun mendapati kembali beberapa para pemuda di kawasan Taman Prabu Jaya dan Jalan Arimbi yang sedang pesta miras dan menghisap lem. Saat itu kita langsung melakukan teguran dan memanggil orang tua para pemuda tersebut untuk membuat surat perjanjian tidak akan mengulangi perbuatannya itu kembali,” tukasnya. (Mg03)

News Feed