oleh

AKN Prabumulih Ditutup. Wako : Tanya Pusat

-Metropolis-176 views

PRABUMULIH – Terkait isu santer soal penutupan Akademi Komunitas Negeri (AKN) Prabumulih, Walikota (Wako) Ir H Ridho Yahya MM menerangkan, kalau itu bukan kebijakannya. Menurutnya, untuk lebih tepatnya tanyakan ke Politeknik Negeri Sriwijaya (Polteksri) selaku pengelolanya. Sebelumnya, pihaknya telah menghibahkan tanah untuk dibangunnya AKN dan satu bangunan. Tetapi, nyatanya hingga sekarang ini belum juga dibangun.

“Bukan kita yang mau menutup AKN, tanyakan saja ke Polteksri mengapa mau ditutup. Apa kendala dan masalahnya,” ujarnya kepada awak media, Rabu (7/8). Ditegasnya, kalau AKN merupakan proyek pusat dan operasionalnya juga bukan Pemkot. Dikelola sendiri, oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) lewat Polteksri.

“Yah kalau tidak dibangun gedungnya, bagaimana mau ramai AKN dan berminat orang kuliah di sana. Wajar saja, kalau peminatnya kurang. Kita tidak salah lagi, semuanya telah kita dukung,” tukasnya. Sambungnya, seperti halnya Politeknik Energi Mineral Akademi Minyak Gas (PEM AKAMIGAS). Kata dia, Pemkot menyediakan lahan sekitar 15 hektar. Sementara itu, Kementrian Energi Sumber Daya Mineral (Kemen ESDM) membangun gedungnya dengan dana pusat.

“Kita yakin, keberadaan PEM AKAMIGAS bakal menarik minat warga untuk kuliah di sana. Apalagi, Prabumulih kota penghasil migas,” tukasnya. Senada juga dibenarkan, Asisten III, HM Rasyid SAg MM, kalau AKN segera ditutup. Tetapi, bukan kebijakan Pemkot melainkan kebijakan pusat. “Tahun ini, hanya tidak menerima mahasiswa baru. Informasinya, penutupan dilakukan setelah mahasiswa yang ada lulus semua dahulu,” lanjutnya.

Sambungnya, penutupan AKN, disebabkan adanya perubahan kebijakan dari pusat. “Bukan, hanya AKN Prabumulih saja. Tetapi, ada 63 AKN se-Indonesia bakal ditutup,” pungkasnya. Ia mengungkapkan, penutupan AKN juga tidak akan berimbas. Pasalnya, Prabumulih sudah punya YPP dan selain itu sebentar lagi bakal berdiri PEM AKAMIGAS. “Kita masih ada YPB dan PEM AKAMIGAS, tempat warga berkuliah nantinya,” tandasnya. (03)

Komentar

News Feed