oleh

Akhir Juni Retribusi Parkir Capai Rp 256,65 Juta

-Metropolis-154 views

PRABUMULIH – Retribusi parkir menjadi salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD), setiap tahunnya bagi Pemerintah kota (Pemkot).

Informasi dihimpun koran ini dari Dinas Perhubungan (Dishub) melalui UPTD Parkir menyebutkan, hingga akhir Juni lalu retribusi parkir sudah terealisasi Rp 256,65 juta dari target Rp 500 juta telah ditetapkan.

Artinya, realisasi retribusi parkir sendiri sudah mencapai 51,331 persen dari target.

Kepala UPTD Parkir, Zul Herman SE MM dikonfirmasi tidak menampik hal itu. Ungkapnya, realisasi retribusi parkiran tersebut berasal dari 106 titik parkir yang tersebar di Kota Nanas.

“Retribusi parkir tersebut, hasil setoran sekitar 150-an lebih juru parkir di Bumi Seinggok Sepemuyian ini. Setorannya, dikumpulkan setiap hari oleh petugas,” akunya kepada koran ini, Minggu (14/7).

Zul menjelaskan, melihat realisasi retribusi parkir sudah diatas 50 persen pertengahan tahun. Ia pun, optimis hingga akhir tahun target retribusi parkir bisa dipenuhi.

“Perbulannya, paling rendah setoran parkir kita ke Badan Keuangan Daerah (BKD) Rp 36,4 juta pada Juni ini dan paling tinggi Rp 50,235 juta pada April lalu. Kita setor ke kas daerah (Kasda), sebagai PAD,” akunya.

Dia juga menyebutkan, untuk tarif retribusi parkir kendaraan roda dua Rp 1.000, dan kendaraan roda empat Rp 2.000. Hal itu, sesuai ketentuan dan aturan yang ada.

“Kita ingatkan jukir memungut retribusi parkir sesuai ketentuan. Kita imbau agar juru parkir tidak asal memungut retribusi. Kalau masih ada yang bandel, maka akan kita sanksi, karena tarif retribusi parkir sudah jelas,” bebernya.

Ia pun berpesan, agar jukir melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Melayani, masyarakat dengan baik. Khususnya, jasa pelayanan parkiran.

“Layani masyarakat atau pemilik kendaraan dengan baik, jangan hanya mengambil retribusi saja,” tukasnya. (03)

Realisasi Retribusi Parkir hingga Juni

Bulan Jumlah
Januari Rp 44,700 Juta
Februari Rp 43,595 Juta
Maret Rp 45,825 Juta
April Rp 50,235 Juta
Mei Rp 48,900 Juta
Juni Rp 36,400 Juta
Total Rp 256,655 Juta

Komentar

News Feed