oleh

Ajak Warga Gotong Royong Bersihkan Sampah

PRABUMULIH – Meningkatkan kesadaran pentingnya kebersihan bagi lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Tiga pilar di Kelurahan Sungai Medang, meliputi kelurahan, bhabinkamtibmas dan babinsa bersama Ketua RT/RW mengajak warga bergotong royong pungut sampah dan membersihkan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Ilegal di Jembatan Batang Hari.

Lurah Sungai Medang, Dedi Arman SKep menerangkan, kegiatan ini sengaja dilakukan agar masyarakat menjaga kebersihan lingkungannya dan tidak lagi membuang sampah sembarang. Khususnya, TPS ilegal di Jembatan Batang Hari bukan tempatnya.

“Sekitar 50-60 orang kita libatkan memungut sampah dari Kantor Lurah Sungai Medang ke Jembatan Batang Hari. Lalu, TPS ilegal di lokasi tersebut kita bersihkan dan kita pasang banner, mengajak warga bersumpah tidak lagi menjadikan lokasi tersebut sebagai tempat pembuangan sampah,” aku Dedi kepada awak media, akhir pekan ini.

Dia melanjutkan, kegiatan ini juga mendukung kegiatan World Clean Up Day dilakukan di Taman Kota Prabu Jaya alias Taman PJ pada Minggu Minggu (22/9).

“Bagi menunjang program Pemerintah kota (Pemkot) menjaga keindahan dan kecantikan serta kebersihan Prabumulih, guna mempertahankan piala adipura ke 8 kalinya tahun ini,” bebernya.

Lanjut Dedi, mengimbau masyarakat tidak membuang sampah sembarangan karena akan menimbulkan masalah dan masyarakat sendiri merasakan dampaknya.

“Buang sampah pada tempatnya, sehingga mudah diangkut petugas dan tidak berceceran di sembarang tempat,” akunya.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Sungai Medang, Brigpol Adio Parta SH menambahkan, kalau kegiatan ini dinilai efektif meningkatkan partisipasi masyarakat menjaga kebersihan lingkungan.

“Kegiatan gotong royong seperti ini, ke depannya akan lebih di rutinkan. Apalagi, guna menjaga kebersihan lingkungan khususnya di Kelurahan Muara Sungai,” akunya.

TPS Ilegal di Jembatan Batang Hari, kata dia dibersihkan dipasangi pagar dan diberi plang imbauan agar tidak lagi dijadikan lokasi pembuangan warga sampah.

“Kita ajak warga agar memunguti sampah berjalan kaki, setidaknya ke depan tidak lagi membuang sampah sembarangan,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed