oleh

Ajak Siswa Olah Masakan Bahan Alami

-Pendidikan-108 views

PRABUMULIH – Guru Prakarya SMP Negeri 6 Prabumulih ajak siswa praktek masak hasil olahan bahan dasar alami. Hal ini termasuk dalam aktivitas kelas alam di SMP yang beralamat di desa muara sungai Kecamatan cambai Kota Prabumulih ini.

Kepala Sekolah SMP Negeri 6 Prabumulih, Fickri SIP MM melalui Waka Humas, Ilham Syamsudin SPd saat dikonfirmasi koran ini mengatakan, bahwa aktivitas ini merupakan rutinitas di sekolah minimal 1 bulan sekali untuk kelas alam prakarya secara bergantian setiap kelas.

Apalagi sebagai Sekolah model, sepena terus mengeluarkan inovasi agar dapat memanfaatkan hasil bumi menjadi bahan olahan makanan yang harus dilestarikan dan harus dikenalkan pada siswa sejak dini .

“Kita sangat mendukung Aktivitas ini karena di era zaman modern seperti sekarang tidak banyak siswa yang masih mengenal berbagai jenis makanan yang merupakan hasil olahan bahan dasar alam yang harusnya dilestarikan dan menjadi budaya daerah sebagai peninggalan nenek moyang kita,”jelasnya.

Pria ini mengatakan, Pihak Sekolah memang mensuport proses Kegiatan belajar mengajar (KBM) yang berorientasi pada lingkungan. dengan kegiatan ini siswa tidak hanya jadi lebih memahami bahan masakan yg sehat dan bergizi, namun juga kreatif dalam mengelolah dan mencipta sesuatu yang bermanfaat.

“Selain itu melalui kegiatan belajar di kelas alam siswa merasa tidak bosan dalam belajar dan membuat mereka lebih dekat dengan lingkungannya. Guru bisa langsung memberikan contoh atau ilustrasi benda-benda yg ada di lingkungan alam sekitarnya,”tandasnya.

Sementara Guru Prakarya, Sri Lestari SPd Mengatakan, dalam setiap kali pertemuan materinya beda-beda. kebetulan minggu ini tentang pengolahah hasil biji-bijian, serealia dan umbi-umbian.

“Kita sangat bangga melihat semangat para siswa saat masuk kelas alam. dengan begitu, kita berharap agar Ilmu yang sudah didapat harus bisa diaplikasikan. bukan hanya disekolah namun juga di dalam kehidupan sehari hari,” tandasnya.(05)

Komentar

News Feed