oleh

Ajak Manfaatkan Pekarangan Rumah

-Lifestyle-24 views

PRABUMULIH – Di tengah pandemi Covid-19 ini, Walikota (Wako) Ir H Ridho Yahya MM dan Istri, Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumah.

Dari pada kosong dan mubasir, kata dia, bisa dimanfaatkan ditanami sayur-sayuran seperti yang dilakukannya di belakang Rumah Dinas (Rumdin) dengan mengubahnya menjadi kebun sayur-sayuran.

“Tanaman sayur bisa ditanam seperti; cabai, tomat, chiasim, oyong, jagung, terong, kangkung, bayam, kacang panjang, dan lain-lainnya. Jika lahan luas, bisa untuk budidaya lele,” ujarnya kepada awak media di sela-sela panen sayuran di kebun belakang Rumdin, Selasa pagi (25/8/2020).

Kalau dirawat dengan baik dan dipelihara, kata dia, bisa menghasil untuk kebutuhan sendiri dan juga dijual untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya kebutuhan sehari-hari, seperti sayuran dan ikan tidak beli. Panen dari kebun sayuran di belakang Rumdin Wako,” kata ayah tiga anak ini.

Selain sayuran, sebutnya bisa ditanam apotik hidup. Antara lain; daun sereh, serai, lidah buaya, dan lain-lain. “Berguna untuk pengobatan tradisional,” bebernya.

Sambungnya, gerakan tanaman sayuran di pekarang rumah ditengah pandemi juga bisa menjaga ketahanan pangan masyarakat. “Khususnya, meningkatkan gizi masyarakat melawan Covid-19. Selain itu, dengan menanam sayuran di pekarangan rumah, jadi lebih hemat dan tidak banyak pengeluaran di kondisi sulit ini,” terangnya.

Apalagi, ungkapnya, bibit sayuran harganya relatif murah dan banyak tersedia di toko bibit. “Sayang sekali lahan kosong kalau tidak dimanfaatkan,” pungkasnya. (03)

 

Komentar

News Feed