oleh

Ajak Dekranasda Ramaikan Festival Batik

-Kecamatan-24 views

PRABUMULIH – Hj Febrita Lustia Herman Deru mengajak dan menghimbau Dekranasda Kabupaten/kota di Sumsel hendaknya berpartisipasi, dalam Pagelaran Festival Batik dan kain khas daerah.

Pagelaran Festival Batik dan kain khas daerah yang diselenggarakan oleh Dekranasda Sumsel-Sumatera Ekspres pada 25, 26 dan 27 Oktober di Palembang mendatang.

“Insyaallah harus ikut (Dekranasda kab/kota, red),” ujar Febi (sapaan akrabnya) dibincangi disela kunjungan program pembinaan PKK Provinsi ke PKK Kota Prabumulih di Guest House Rumah Dinas Walikota Prabumulih, Senin (14/10).

Dilanjutkan perempuan yang juga menjabat ketua PKK Provinsi itu, kegiatan festival batik dan kain khas daerah sangat bagus. “Jadi kita mengangkat batik yang ada di Sumsel. Kita kan punya batik juga, kain jumputan dan songket,” imbuhnya.

Dengan adanya festival batik, mudah-mudahan para pengrajin batik di Sumsel juga ikut terangkat. “Nanti kita akan melihat bagaimana kain khas daerah masing-masig,” terangnya lagi.

Masih kata Febi. Kalau kegiatan PKK dan Dekranasda sebenarnya sudah berjalan dengan baik. Baik jumputan, songket dan batik seluruh kabuoaten/kota mempunyai unggulan sendiri sehingga seluruh kabupaten/kota insyaallah harus ikut. “Tujuannya untuk melestarikan budaya kita dan motif yang lama jangan sampai punah,” terangnya seraya menyebut karena ada motif lain dari luar Provinsi.

Kalaupun ada motif yang baru, maka harus segera dipatenkan. “Bahwa ini motif tidak boleh dibuat oleh pengrajin lain,” tukasnya.(05/seg)

Komentar

News Feed