oleh

Ajak Bentengi Diri dengan Agama

Mifta: Bunuh Diri Hukumnya Haram
PRABUMULIH – Sejumlah dugaan kasus bunuh diri bemunculan dikota ini, alasannya beragam mulai dari himpitan ekonomi, pertikaian dalam rumah tangga, hingga urusan asmara.
Nah terkait hal tersebut Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ali Aman SAg MSi menuturkan, bunuh diri hanya dilakukan oleh orang yang tak memiliki iman dan jauh dari agama.
“Kalau berfikir ada iman didalam dirinya insyallah tidak akan melakukan itu,” kata Ali Aman dibincangi kemarin.
Lebih jauh Ali menyampaikan, siapapun yang memilih untuk mengakhiri hidup dengan cara bunuh diri merupakan orang yang tidak menerima ketentuan Allah. “Tidak menerima takdir, artinya tidak mensyukuri apa yang diberikan Allah terjadap dirinya sehingga mengambil jalan pintas mengakhiri hayatnya dengan cara bunuh diri,” terangnya.
Tentu saja ungkap Ali, apa yang dilakukan tersebut sangat bertentangan dengan ajaran agama. Karena itulah ungkap dia, bagi orang yang melakukan bunuh diri termasuk dalam golongan kafir. “Orang bunuh diri adalah termsuk orang yang kafir, kalau sudah kafir artinya keluar dari agama Islam,” tegasnya.
Nah, dengan sejumlah kasus yang ada dan agar kasus tersebut tak bertambah Ali berharap agar kiranya para orang tua menanamkan agama kepada anaknya. Begitupun dengan masyarakat muslim, untuk kiranya membentengi diri dengan agama.
“Khusus untuk anak-anak orang tua harus membimbing, membekali dengan agama. Sementara bagi para orang tua yang sudah dewasa harus mendekatkan diri kepada allah, mulai dari pengajian ceramah karena itulah benteng jika sudah kuat kokoh tidak akan menyimpang hidupnya,” tukasnya.
Sementara itu Ketua PCNU kota Prabumulih Miftahuddin SAg MHI menegaskan, jika bunuh diri dalam ajaran agama islam adalah haram. “Hukum bunuh diri dalam ajaran islam Haram, dalilnya dalam Aquran Surat An-Anisa ayat 29 yang artinya dan janganlah kamu membunuh dirimu, sesungguhnya Allah adalah Maha pengasih dan penyayang. Kemudian dalam hadis Bukhori muslim yang diriwayatkan Anu Khurairah juga menjelaskan terkait hukum bunuh diri,” pungkasnya. (05)

News Feed