oleh

Agar Tidak Kena Sanksi PSBB Imbau Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

-Metropolis-52 views

 

PRABUMULIH – Sekitar pukul 08.00 WIB, simulasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ditandai di Pos Check Poin Tugu Air Mancur, besok (21/5).

Simulasi itu dilakukan, juga sebagai sosialisasi kepada masyarakat kalau pada Rabu, 27 Mei penerapan PSBB dan sanksi diberlakukan.

Hal itu mengacu pada Perwako No 49, diundangkan 20 Mei 2020 sebagai payung hukum penerapan dan pelaksanaan PSBB.

“Betul, besok (hari ini, red) ditandai simulasi, sosialisasi PSBB mulai dilakukan di Prabumulih,” ujar Kordinator Penerapan PSBB, Drs Mulyadi Musa MSi kepada awak media, Rabu sore (21/5).

Dimasa simulasi hingga 26 Mei mendatang, memang tidak ada penindakan terkait PSSB. Hanya saja, kata Mulyadi sebagai sosialisasi. Lalu, imbauan dan peringatan kepada masyarakat.

“Agar mematuhi protokol kesehatan, khususnya masalah percepatan penanggulangan dan penanganan Covid-19. Khususnya, wajib memakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan, hindari kerumunan atau keramaian, dna lainnya,” sebut Mantan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) ini.

Termasuk, kata dia, pengalihan arus ke jalur alternatif ke Jalan Lingkar khusus mobil luar kota. Imbauan toko, tutup selain yang diatur dalam PSBB.

“Barulah 27 Mei, penerapan sanksi diberlakukan. Kalau melanggar, akan ada tiga sanksi dihadapi. Sanksi teguran, administrasi, dan berat,” terangnya.

Mantan Kabag Humas dan Protokol ini mengatakan, sanksi tegas diberikan jika melanggar. Antara lain membersihkan fasilitas umum (fasum), denda administrasi mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 250 ribu, karantina 1 x 24 jam di rumah karantina, hingga pencabutan izin serta lainnya.

“Makanya, kita ingatkan untuk wajib memakai masker dan jaga jarak. Hindari kerumunan, dan lainnya,” tukasnya. (03)

 

 

Komentar

News Feed