oleh

Ada Kampung Tertib Lalu Lintas, Seperti ini Penampakannya

-Metropolis-660 views

PRABUMULIH – Kampung-kampung kreatif di Kota Nanas ini terus bermunculan, setelah sebelumnya Bank Sampah Prabumulih (BSP) menyulap sejumlah kampung. Yaitu, Kampung Belang Beleng (Pasar II), dan Kampung Kelor (Wonosari).

Kini, giliran Forum Komunikasi Polisi Masyarakat (FKPM) Kelurahan Gunung Ibul menyulap Jalan Krakatau RT 04/RW 03 menjadi Kampung Tertib Lalu Lintas.

Ketua FKPM Kelurahan Gunung Ibul, Suranto mengatakan, terwujudnya kampung ini tak terlepas dukungan dari Satlantas Polres Prabumulih. Kata dia, setidaknya membutuhkan waktu satu bulan untuk menyulap kampungnya yang biasa saja menjadi seperti ini.

“Kita hanya menyediakan tempat saja, fasilitas pendukungnya didukung Satlantas Polres Prabumulih. Akhirnya, kampung kita tadinya biasa saja. Kini, menjadi bagus dan indah serta menjadi daya tarik tersendiri,” aku Suranto yang juga Ketua RW 03 dibincangi koran ini, kemarin (15/1).

Kata dia, kampung ini bakal diresmikan atau dilauching pada Jumat ini (18/1), seluruh Kapolres di 16 kabupaten/kota akan ke Prabumulih melihat kampung yang dibuat ini.

“Awalnya diresmikan pada Kamis, 17 Januari. Tetapi, berubah dan diundur menjadi Jumat, 18 Januari. Kampung Tertib Lalu Lintas ini, salah satu program Ditlantas,” ujarnya.

Lanjutnya, program kampung tersebut sinergis RW 03 dengan Satlantas Polres Prabumulih. Nantinya, ke depan Kampung Tertib Lalu Lintas ini menjadi sasaran masyarakat di Kota Nanas belajar.
Juga sebagai destinasi wisata, belajar tata tertib lalu lintas,” bebernya.

Sebutnya, tidak lain untuk meningkatkan kepatuhan alias kesadaran berlalu lintas lewat sosialisasi kepada masyarakat. Kampung Tertib Lalu Lintas di Gunung Ibul ini, menjadi yang pertama. Baik itu, di Prabumulih sendiri ataupun Sumatera Selatan (Sumsel).

“Selain itu, kampung kita ini bisa menjadi sarana pembelajaran bagi masyarakat dan anak-anak sejak dini. Untuk memahami peraturan lalu lintas, sehingga patuh dan tidak melanggar,” jelasnya.

Sambungnya, meningkatnya kesadaran masyarakat berlalu lintas. Kata dia, jelas akan membantu Satlantas Polres Prabumulih menekan angka pelanggaran dan juga angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas), masih relatif tinggi di Kota Nanas.

“Kalau masyarakat patuh berlalu lintas, jelas akan tertib dan minim pelanggaran. Selain itu, laka lantas bisa diminimalisir,”ujarnya.

Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk SIk MH dikonfirmasi membenarkan soal rencana lauching Kampung Tertib Lalu Lintas tersebut.

“Iya, rencananya demikian. Kampung Tertib Lalu Lintas ini dimaksudkan, menanamkan kesadaran dan etika berlalu lintas,” akunya didamping Kasat Lantas, AKP Betty Purwanti SIk.

Lanjutnya, sasarannya masyarakat sejak usia dini hingga dewasa. Sehingga, kamtibselcarlantas terwujud. Bebernya, kesadaran berlalu lintas di Prabumulih masih relatif rendah.

“Sehingga, harus ada upaya-upaya terobosan kreatif untuk meningkatkannya,” pungkasnya. (03)

News Feed