oleh

Ada Berita Hoax, Bisa Lapor Lewat IG

IG Satreskrim, @satreskrimpolresorabumulih

PRABUMULIH – Ini jadi peringatan bagi masyarakat yang suka menyebar berita hoax atau konten negatif lewat media sosial (Medsos). Pasal, jajaran Polres Prabumulih melalui Satreskrim membuka pengaduan berita hoax lewat Instagram (IG).

Kapolres Prabumulih, AKBP Siswandi SH SIk MH melalui Kasatreskrim, AKP Abdul Rahman SH MH menerangkan, jika ada berita hoax bisa melaporkan lewat IG Satreskrim, @satreskrimpolresorabumulih. “Bisa melapor atau mengadu lewat Direct Messenger (DM), akan kita tindak lanjuti,” aku Rahman, belum lama ini kepada awak media.

Ia menerangkan, tidak hanya berita hoax saja. Tetapi, berita mengandung unsur konten negatif bisa diproses secara hukum. “Konten dimaksud diantaranya mengandung ujaran kebencian, bermuatan provokasi, radikalisme, SARA, ataupun berita-berita bohong,” sebutnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat, untuk aktif melaporkan kepada aparat penegak hukum, apabila menemukan akun media sosial menyebarkan berita bohong (hoax).

“Apabila ada menanyakan atau konfirmasi berita apapun, kami persilahkan melaporkan langsung ke akun Instagram resmi @satreskrimpolresprabumulih. Kami akan menjawab,” ujar AKP Abdul Rahman SH dikonfirmasi awak media ini, siang tadi.

Ia juga meminta masyarakat khususnya warga di Prabumulih, saling mengingatkan dengan lingkungan sekitarnya untuk bersikap bijak dalam menerima informasi.

“Guna mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban akibat gerakan radikalisme, Polri melakukan berbagai upaya pencegahan, pembendungan, dan penegakan hukum,” bebernya.

Ia pun menambahkan bahwa penyebaran informasi hoax, merupakan salah satu cara untuk menyebarkan paham radikal. Hal tersebut menurutnya bisa terjadi karena literasi (pemahaman) masyarakat, tentang pengelolaan informasi masih sangat minim.

“Karena itu, masyarakat juga diminta agar turut serta dan aktif untuk memberantas cyber crime dengan melaporkan konten berbahaya dan tidak sehat,” tutupnya. (03)

Komentar

News Feed