oleh

97,8 Persen Warga Sudah Rekam KTP EL

-Metropolis-18 views
  • Sisanya Pendatang dan Wajib KTP Baru

PRABUMULIH – Sebanyak 129.243 warga wajib Kartu Tanda Penduduk (KTP) , telah melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP EL) hingga akhir Juni 2020.

Nah, jumlah warga yang sudah melakukan perekaman tersebut atau setara dengan 97,8 persen dari jumlah penduduk Kota Prabumulih sebanyak 196.205 jiwa. Namun capaian perekaman tersebut disebut sudah sesuai target 100 persen oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Prabumulih.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (disdukcapil) Haryadi SE MM kepada wartawan menerangkan, klaim seratus persen itu lantaran angka atau jumlah wajib EKTP terus bertambah setiap harinya. “Jadi selisih disatu dua persen itu karena fluktuasi, ada yang pindah keluar kota, ada yang datang, ada yang masuk usia 17 tahun atau wajib KTP baru,”  kata Haryadi diruang kerjanya Senin (27/7/2020).

Meski capaian perekaman sudah cukup tinggi, namun Disdukcapil tetap melakukan perekaman jemput bola di kelurahan desa yang ada di Kota Prabumulih. “Kami terus melakukan perekaman, agar mereka yang wajib EKTP baru dapat langsung memiliki EKTP,” bebernya.

Dalam kesempatan itu, mantan Kabag Ekonomi ini meimbau masyarakat untuk makin sadar dalam tertib administrasi, dari pembuatan Akta Kelahiran terutama akta kematian yang kini masih rendah.

“Sekarang ini kami kesulitan mendapatkan data angka kematian, sebab banyak yang tidak melaporkan,” terangnya seraya mengatakan untuk akta kelahiran yang minim adalah kepengurusan akta kelahiran terlambat dalam hal ini lansia.

Masih rendahnya kepengurusan akta kematian dibenarkan oleh Kabid Capil Rivan Iswandi SE. “Memang masih rendah, karenanya kami harapkan peran dari kelurahan RT RW lebih proaktif. Akta kematian tak hanya berkaitan erat dengan tertib adminitrasi tapi sejumlah keperluan bagi keluarga,” tukasnya. (08)

 

 

 

Komentar

News Feed