oleh

PRABUMULIH – Guna mewujudkan kota kabupaten sehat (KKS) harus dimulai hal kecil, yaitu ciptakan kesehatan dimulai dari keluarga.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), H Fery Faizal SKM MKM menerangkan, bagaimana bisa diwujudkan menciptakan KKS. Kalau dari hal kecil saja, tidak bisa dilakukan.

“Memang perlu dukungan semua pihak guna mewujudkan KKS. Makanya, perlu dibentuk tim dan forum untuk merealisasikan KKS tersebut,” terangnya ketika memberikan sosialisasi KKS di ruang rapat lantai 1, Gedung Pemkot, Kamis (7/11).

Sebagai motivasi dan pemberi semangat, nantinya akan dilombakan KKS tersebut memperebutkan piala swastisaba. “Mewujudkan KKS, harus ada kerja sama dengan masyarakat. Khususnya, menekankan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di tingkat keluargan dan masyarakat,” ucapnya.

Lanjutnya, mewujudkan KKS juga harus didukung kebijakan Pemkot dan juga programnya. “Tim pembina, perlu dilibatkan lintas sektor. Ada 8 tatanan harus diperhatikan dalam mewujudkan KKS,” tambahnya.

Seperti kata dia, pemukiman sarana dan prasrana, sarana lalin dan tertib pelayanan transportasi, pertambangan sehat, hutan sehat, industri dan perkantoran.

“Lalu, pariwisata sehat, pangan dan gizi. dan terakhir masyarakat mandiri,” rincinya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda), Elman ST MM optimis dalam rangka mewujudkan KKS. Apalagi, kata Elman, selama ini sejumlah program telah dilakukan mewujudkan KKS.

“Tinggal melengkapi saja, hal-hal kurang agar KKS segera terwujud,” ujarnya.

Diakuinya, memang perlu peranan semua pihak. Tidak hanya, OPD tetapi juga masyarakat dalam mewujudkan KKS. “Apalagi, Pak Wako jelas menginginkan Prabumulih meraih predikat KKS,” jelasnya. (03)

 

Komentar

News Feed