oleh

DANA BOS SILPA

-Pendidikan-2.823 views

PRABUMULIH – Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dibeberapa sekolah tingkat SD SMP di kota Prabumulih tahun 2019 ini, sepertinya belum serserap secara keseluruhan.

Buktinya, dana Bos mengalami Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa). Hal itu diketahui dalam tindak lanjut dari sosialisasi tentang rencana kegiatan anggaran sekolah melalui Bantuan Operasional Sekolah Secara Online (RKAS BOS) tahun 2019 di aulua Disdik Rabu (23/10).

Dalam sosialisasi juga diketahui, bendahara sekolah belum bisa mengupdate sisa hasil penggunaan anggaran di tahun sebelumnya untuk ditempatkan pada anggaran tahun berjalan. Sehingga bagian, administrasi aplikasi Bos elektronik di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih, terus mencarikan solusi yang terbaik terhadap penggunaan dana silpa agar bisa dimasukkan pada anggaran tahun berjalan.

“Namanya juga regulasi baru sehingga mau tidak mau kita akan dihadapkan dengan berbagai permasalahan. dan salah satunya saat ini adalah solusi untuk memasukkan dana silpa yang juga belum ditemukan,”kata admin aplikasi e Bos, Pebri Adiansyah SE saat menyampaikan sosialisasi lanjutan tentang e Bos

Kendala lain yang ditemukan oleh bendahara saat mengupdate berbagai kegiatan yang menggunakan anggaran sekolah, beberapa mata pelajaran di tingkat SD dan SMP yang tidak termasuk pada komponen penggunaan dana BOS.

“Sejauh ini selain yang di keluarkan semuanya sudah sinkron, Untuk itu kita memfasilitasi para bendahara sekolah untuk melakukan sinkronisasi antara penggunaan anggaran dengan pengeluaran sebelum di akhir tahun pengumpulan laporan,”tandasnya.

Sementara pantauan koran ini setidaknya seluruh Kepala Sekolah, bendahara dan operator di SMP Negeri dan swasta di ikutkan dalam sosialisasi lanjutan, sinkronisasi penggunaan dan pengeluaran dana BOS Melalui aplikasi bos elektronik atau e Bos.

“Dengan dikumpulkan secara bersama-sama maka kami tidak bingung pada saat menghadapi berbagai kesulitan saat menyusun laporan pengelolaan dana BOS menggunakan aplikasi bos elektronik,”kata Juni Setyawati SPd Bendahara SMP Negeri 6 Prabumulih.(05)

Komentar

News Feed