oleh

69 Penerima PKH Nyatakan Mundur

-Metropolis-1.731 views

Terbanyak dari Desa Tanjung Telang

PRABUMULIH – Dari ribuan penerima program Keluarga Harapan (PKH) di Kota Prabumulih, 69 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menyatakan mundur atau Graduasi sebagai penerima bantuan dari Kementerian Sosial.

Nah, mundurnya KPM dari penerima PKH tersebut lantaran merasa malu dan merasa tak berhak menerima bantuan.

Menariknya, dari 37 Kelurahan Desa yang ada di Kota ini. 69 PKM yang menyatakan mundur tersebar di 19 Kelurahan Desa, dengan jumlah terbanyak ada di Desa Tanjung Telang Kecamatan Prabumulih Barat. (Data lengkap lihat tabel)

“Alhamdulillah saat ini saya sudah merasa cukup mampu, dan yang lebih berhak atau membutuhkan dari saya masih banyak. Jadi saya dengan kesadaran memilih mundur dari penerima bantuan PKH,” kata Juliana warga Desa Tanjung Telang Kecamatan Prabumulih Barat.

Plt Kepala Desa Tanjung Telang Rusdiyanto mengutarakan, hingga saat ini sudah 12 warganya yang menyatakan mundur dari penerima PKH. “Kami bersyukur dan mengapresiasi atas kesadaran mereka,” tutur Rusdiyanto.

Ia juga menyampaikan, mundurnya KPM tersebut tak lepas dari peran tim pendamping PKH yang ada dilapangan. “Berharap kedepan makin banyak yang mengikuti jejak yang mundur,” harapnya.

Ketua Koordinator PKH kota Prabumulih Redi Alpison SE mengakui jumlah KPM yang tergraduasi terbanyak dari desa Tanjung Telang. Ia juga membenarkan, bila mundurnya KPM tak lepas dari peran tim pendamping dilapangan. “Tugas pendamping sangat berat, yang salah satunya memberikan edukasi kepada penerima yang secara tidak langsung membuat KPM sadar bahwa mereka tak berhak menerima bantuan karena ekonomi sudah layak,” ungkapnya.

Keberhasilan tim pendamping ungkap Redi, patutlah diapresiasi. “Karena masih ada saja yang meski ekonomi sudah mapan, rumah sudah bagus tetap tidak sadar. Jadi memang tidak mudah membuat penerima sadar,” terangnya mengutarakan saat ini sekitar 7ribuan penerima PKH di Kota Prabumulih.

Lebih jauh ia menambahkan, melihat terus bertambahnya KPM yang mundur pihaknya optimis jumlah tersebut akan terus bertambah. “Insyallah masih akan bertambah yang mundur, sementara untuk yang mundur itu harus menandatangani surat pertanyaan untuk menghindari hal yang tak diinginkan dikemudian hari,” tuturnya.

Terpisah petugas pendamping PKH Kelurahan Sukaraja Resa W AMd mengungkapkan, untuk wilayahnya tercatat 9 KPM yang menyatakan mundur. “KPM mundur sudah menandatangani pernyataan, mereka merasa tak berhak lagi mendapat bantuan karena masih banyak yang berhak menerima,” tukasnya. (08)

Komentar

News Feed