oleh

6 ODP Negatif Corona, 9 Lainya Masuk Pantauan

-Metropolis-525 views

PRABUMULIH – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Prabumulih menyatakan ada 15 warga masuk Orang Dalam Pengawasan (ODP) terkait suspect virus corona atau Covid 19. Saat ini kesemuanya dalam penanganan dan perawatan intensif di RSMH Palembang.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), dr H Happy Tedjo TS MPH dikonfirmasi menyebutkan, sejauh ini ada 15 ODP masuk dalam pantauannya. “6 orang warga sudah selesai dipantau, karena negatif suspect Covid 19. Lalu, ada 9 orang lagi masih terus dipantau kesehatannya,” jelas Tedjo, sapaan akrabnya Jumat (20/3).

Sambungnya, dari 15 ODP, ada dua orang warga baru masuk pantauan Dinkes. Karena, salah satu warga baru saja pulang dari Moskow, Rusia. Lalu, satu lagi terdata sebagai warga Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT). “Terbaru, memang ada dua lagi masuk ODP. Terus kita pantau,” sebut Mantan Direktur RSUD ini.

Terkait ada dokter tengah sakit dan dirawat di RSMH, Tedjo tidak menampik dan juga membantah kalo dokter masuk ODP. “Kalau sakit iya, kalau masuk ODP tidak,” tegasnya.

Dokter tersebut kata dia, memang ada riwayat sakit diabetes dan darah tinggi (hipertensi). Soal dugaan penyakit DBD, dan lainnya harus menunggu pemeriksaan lebih lanjut. “Kita terus berkoordinasi dengan RSHM, menunggu kepastian terkait penyakitnya,” pungkasnya.

Sambungnya, terkait penyebaran Covid 19. Ia tidak henti-hentinya mengimbau masyarakat jangan panik, dan waspada serta hati-hati boleh. “Galakkan gerakan masyarakat sehat (Germas), jaga kebersihan lingkungan. Ke depankan, prilaku hidup sehat dan bersih (PHBS). Sakit langsung berobat ke faskes terdekat, rutin cuci tangan, pakai masker kalau dibutuhkan, dan lainnya,” tambahnya. (03)

 

Komentar

News Feed