oleh

Sengaja Bangun Sumur Antisipasi Pembuangan Sampah Liar

PATIH GALUNG – Jalan Suban Mas RT RT 4 RW 2, yang berada dibelakang Kantor Camat Prabumulih Barat yang sebelumnya dijadikan lokasi TPS liar kini sudah steril dari sampah. Itu tak lepas dari upaya ketua RT 4 RW 2 Farida Ariyani, yang mengajak masyarakat bergotong royong membersihkan tumpukan sampah dengan menerjunkan alat berat.

Nah, agar lokasi tersebut tak lagi dijadikan lokasi TPS liar, Farida sengaja membangun sumur umum disekitar lokasi. “Sumur sudah digali, sekaligus kami buatkan tempat pemandian, sementara sekitar jalan yang dijadikan TPS waktu itu sudah kami pagar,” ungkapnya.

Inzet foto, tampak lokasi jalan Suban Mas yang sebelumnya dipenuhi sampah, kini sudah bersih dan dipasang pagar pembatas. FOTO:Ros/Prabumulih Pos

Saat ini kata dia, keberadaan sumur justru sangat membantu masyarakat. Sebab, masyarakat tengah kesulitan air, karena dilanda kemarau. “Masyarakat diuntungkan, sayapun selaku ketua RT diungtungkan. Dengan adanya sumur itu, tidak ada lagi warga yang berani membuang samph disitu,” bebernya.

Setiap harinya ungkap Farida, warga ramai dan antri mengambil air dan mandi disumur. Dengan begitu, warga yang hendak membuang sampah akan merasa malu. “Pernah ada yang akan buang, tapi tidak jadi karena melihat warga ramai. Dan memang biasanya sore paling ramai, selain mandi warga juga mencuci,” tuturnya.

Pantauan koran ini, tak ada lagi sampai menumpuk disekitar lokasi. Sementara sumur yang digali dengan kedalaman 3,5 meter terisi banyak air yang bening. “Dirumah lah kering sumur, jadi ambek banyu disini. Banyunyo bening, selain mandi kami jugo nyuci disini,” tukas salah satu warga yang dibincangi dilokasi.

Camat Prabumulih Barat Eny Kunswati, yang sempat dibincangi beberapa waktu lalu sangat mengapresiasi upaya warga dan RT mengatasi sampah liar. “Warga juga harus sadar, karena juga yang buang disana bukan dari warga sana. Banyak dari luar. Tapi sekarang sudh bersih, waktu itu dibersihkan dengan alat berat,” kata Eny.(08)

Komentar

News Feed