oleh

50 Persen Siswa Belajar Manual

-Pendidikan-17 views
  • Faktor Ekonomi Menegah Kebawah

PRABUMULIH – Meskipun saat ini sedang melaksanakan Pembelajaran dari Jarak Jauh (PJJ), namun sebagian siswa SDN  73 Prabumulih harus belajar manual. Yakni dengan cara mengambil materi pelajaran dan mengumpulkan tugas ke sekolah, setiap hari Sabtu dan Senin.

Langkah ini dilakukan, karena siswa di sekolah ini banyak yang berada pada tingkat perekonomian menengah ke bawah, sehingga 50% dari siswa kita tidak bisa mengikuti pembelajaran dalam jaringan (daring).

“Salah satu solusinya adalah orang tua siswa harus datang ke sekolah untuk mengambil materi pembelajaran dan mengumpulkan tugas yang sudah dikerjakan selama satu minggu. Yang penting anak-anak harus belajar,”jelas Kepala Sekolah SDN 73 Prabumulih, Sangidah SPd, kemarin (31/8/2020).

Diakuinya kebanyakan wali siswa memiliki hape, hanya saja tidak memiliki aplikasi pendukung.  “Banyak pertemuan dan berbagi keluhan wali siswa yang disampaikan ke kita. Bahkan ada saja yang telpon minta biayai. Namun itulah keadaannya, kita berharap keadaan ini segera berakhir,”harapnya.

Sementara Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), SDN 73 Royan SPdI, mengatakan bahwa semua tugas yang dikumpulkan oleh siswanya langsung dikoreksi dihadapan wali siswa. Sehingga wali yang mengumpulkan tugas dapat, menyampaikan kepada anaknya mengenai materi pembelajaran yang akan dibahas di minggu berikutnya.

“Teknik pembelajaran yang dilakukan secara manual ini, sudah disampaikan sebelumnya untuk bisa diikuti oleh wali murid agar harus membangun komunikasi  yang baik dengan para guruh,”jelasnya.

Royhan juga mengatakan, saat mengkoreksi jawaban siswa, ekaligus memberikan waktu untuk  orang tua siswa berkonsultasi mengenai kesulitan siswa saat belajar dirumah. “Karena siswa memang tidak diperbolehkan datang ke sekolah, maka harus ada komunikasi yang baik, terutama kesulitan siswa saat mengisi tugas yang perlu diberikan solusi,”tandasnya.(05)

 

 

 

Komentar

News Feed