oleh

400 Warga Sandang Status Janda Duda

-Metropolis-159 views

PRABUMULIH — Pengadilan Agama (PA) Kota Prabumulih telah memutuskan sebanyak 200-an perkara cerai di Kota Prabumulih.

Dengan demikian, tercatat sekitar 400 warga Kota Prabumulih yang menyandang status duda dan janda sepanjang Januari — Agustus 2020.

Kepala Pengadilan Agama (PA) Kota Prabumulih Masalan Bainon SAg MH menyampaikan, total perkara yang masuk ke PA sebanyak 312 perkara. Dimana untuk perkara cerai yang telah diputus mencapai lebih dari 200 perkara.

“Yang sudah diselesaikan 290, dengan 85 persen perkara itu cerai. Sisanya 70 perkara dipensasi dan beberapa lainnya ada harta waris,” kata pria kelahiran Palembang ini.

Untuk perkara cerai lanjut dia, didominasi cerai gugat dari pada cerai talak. Hal itu dikarenakan faktor ekonomi, sehingga suami tak menafkahi istri.

“Karena ekonomi suami kurang tanggung jawab, ada juga faktor perselingkuhan, KDRT tapi untuk penyimpangan seksual belum ada,” terangnya mengatakan wabah pandemi yang berimbas pada ekonomi juga mempengaruhi perceraian.

Dalam kesempatan itu, ia menambahkan dari perkara tersebut hampir semua gugatan perkara yang masuk dikabulkan. “Kebanyakan kabul, tapi ada juga yang perkara gugatannya di cabut,” tambahnya.

Panitera PA Nahwa SH melanjutkan perkara yang masuk ke PA melonjak selama Juni dan Juli. “Jumlah perkara yang masuk sampai 60 perkara. Sementara kembali normal di Agustus, perkara yang masuk hanya 40,” lanjutnya.

Dia menyampaikan, terjadi lonjakan di bulan Juni dan Juli dikarenakan pandemi covid-19. “Mei PA tutup manual, jadi tidak ada yang datang ke PA, pendaftaram hanya online,” tukasnya.(08)

 

Komentar

News Feed