oleh

4 Tahun Buron, Tersangka Curas Keok Didor

MARTAPURA – Selama empat tahun jadi Daftar Pencarian Orang (DPO) tersangka Pencurian Dengan Kekerasan (Curas) Solikhin (35), warga Desa Burnai, Kecamatan Semendawai Suku III OKUT akhirnya tersungkur diterjang timah panas oleh jajaran Buru Sergap (Buser) Polsek SS III karena berusaha melakukan perlawan saat hendak diringkus, sedangkan tiga rekan tersangka masih status buronan, Minggu (20/1) sekitar pukul 07.00 WIB.

Penangkapan tersebut terjadi dikediamnnya, dimana saat itu tersangka sedang beristirahat santai. Bahkan penangkapan tersebut diperkuat berdasarkan Laporan Polisi yang tertuang dalam nomor LP. B /17 / X / 2014 /Sumsel / OkuT / Sek. SS.III tanggal 13 Oktober 2014 dengan berdasarkan korban Saiman (42),warga Desa Nirwana, Kecamatan Semendawai Timur.

Informasi dari pihak kepolisian menyebutkan, sebelum ditangkap tersangka lebih dulu melakukan perampokan dikediaman korban yang dilakukan tersangka bersama tiga rekannya dengan cara pelaku mendobrak pintu samping rumah korban dengan menggunakan batang karet bulat panjang kurang lebih 3,5 meter.

“Keempat pelaku ini masuk kedalam rumah dan saat itu aksi kriminalnya kepergok oleh korban yang keluar dari kamar. Para pelaku ini menghampiri korban yang mana kedua pelaku mengancam menggunakan senjata tajam jenis golok kearah pelapor dan memasukan pelapor kedalam kamar kemudian ditengkurapkan kelantai dan tangan serta kaki diikat dengan tali plastik,” kata Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya melalui Kapolsek Semendawai Suku III didampingi Kasubag Humas IPTU Yuli, Senin (21/1).

Setelah mengikat korban, para pelaku leluasa mengambil harta benda milik korban berupa satu unit sepeda motor motor Mega Pro warna silver abu abu, tahun 2010, bernomor Polisi BG 3122 KY, Nomor Rangka MH1KC3113AK010420, Nomor Mesin KC31E-1010363, BPKB Kendaraan dan satu sepeda motor honda Blade warna orangeBG 2718 WT beserta BPKB .

“Tak hanya kalung emas 1 suku, anting anting emas 1,5 gram dan uang sebanyak Rp20 ribu. Atas kejadiaan tersebut korban mengalami kerugian sebanyak Rp25 juta dan melaporkan kejadian tersebut ke Mapolsek SS III ,” jelasnya.

Setelah sekian lama menjadi buronan, keberadaan tersangka akhirnya terhendus berkat informasi dari masyarakat. Tapatnya pada ada hari Minggu (20/1) sekira jam 07.00 WIB jajaran team opsnal Polsek SS III mendapat informasi dari masyarakat bahwa pelaku Curas yang masuk dalam DPO sedang berada di kediamnya.

“Team opsnal kita langsung melakukan penyelidikan, saat dilakukan penangkapan tersangka mencoba untuk melarikan diri karena sudah diperingati dengan tembakan peringatan tapi tidak diindahkan akhirnya dengan terpaksa petugas melakukan tindakan tegas terukur dengan cara melepaskan tembakan kearah kaki pelaku utk melumpuhkan, setelah itu tersangka bisa diamankan dan dibawa Ke Puskesmas, untuk pengobatan dan perawatan setelah itu tersangka dibawa ke Polsek,” katanya.

Untuk penyelidikan lebih lanjut tersangka kini masih menjalani pemeriksaan di Mapolsek SS III. Bahkan Polisi masih terus melakukan pengembangan didalam kasus ini, bahkan tidak menutup kemungkinan tersangka diduga terlibat kasus perkara lainnya. (clau)

News Feed