oleh

4 Ribu Anak Sasaran BIAS Campak

  • Dilaksanakan di Luar Sekolah

PRABUMULIH – Pelajar kelas 1 SD di Prabumulih menjadi sasaran Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) campak.

Nah, pelaksanaan BIAS tahun 2020 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang dilaksanakan di sekolah. Tahun ini, BIAS dilaksanakan di luar sekolah.

Adapun alasan pelaksanaan di luar sekolah tersebut, ternyata banyak sekolah yang keberatan atau menolak melaksanakan BIAS suntik MR di lingkungan sekolah dengan alasan covid-19. “Sekolah takut dan tidak mau ambil resiko, karena kondisi corona ini,” kata salah satu sumber koran ini.

Kepala Dinas Kesehatan dr H Happy Tedjo S MPH melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) H Izhar SKM MKes menuturkan, tahun 2020 ini tercatat 4.044 anak SD kelas 1 menjadi sasaran imunisasi BIAS. “Jumlah itu tersebar diseluruh sekolah, dan sudah termasuk anak Madrasah Ibtidaiyah (MI),” kata Izhar.

Izhar mengatakan, BIAS imunasi MR tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya  penyakit pada anak, yaitu campak dan rubella. “Kedua gangguan tersebut sangat berisiko jika menyerang anak-anak, karenanya dibutuhkan pencegahan dini,” ujarnya.

Kepala Puskesmas Tanjung Rambang Dewi Yuliani SST MSI dikonfirmasi terpisah mengutarakan, dari total sasaran 288 siswa sudah sudah 75 persen anak diberi vaksin MR.  “Sisanya masih berjalan, ada yang karena sakit ada juga yang memang orang tuanya tidak boleh,” tutur Kepala Puskesmas yang membawahi 1 kelurahan dan 7 desa ini.

Disinggung terkait tempat imunisasi, Dewi mengaku imunisasi tak dilaksanakan di sekolah lantaran hampir semua sekolah menolak menjadi tempat pelaksanaan imunisasi. “Tapi imunisasi tetap jalan, pelaksanaan di luar sekolah. Ada yang di balai desa, kantor desa, pustu dan polindes,” terangnya.

Ia menyampaikan, imunisasi hanya diberikan kepada siswa yang telah mendapat persetujuan dari orang tua. “Dalam pelaksanaanya tetap protokol kesehatan, kalau anaknya banyak dibagi dengan tetap jagar jarak menggunakan masker serta ada tempat cuci tangan,” tukasnya.(08)

 

Komentar

News Feed