oleh

38 Pengurus DPC Persagi Dilantik

Dihadiri Wako dan DPD Persagi Provinsi

PRABUMULIH – Sebanyak 38 pengurus DPC Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Kota Prabumulih  Periode 2020 – 2025 dilantik di aula Graha RS Ar Bunda, Sabtu (12/12/2020).

Dalam pelantikan tersebut Ema Suryani SST RD, kembali dipercaya sebagai ketua Persagi Kota Prabumulih. Sementara Sepa Maryani AMG menjabat sekertaris, dan Nesyi Febi Oktarina Putri SGz serta Nur I Rodiyah SKM sebagai bendahara I dan bendahara II.

Wali Kota Ir H Ridho Yahya MM, DPD Persagi Provinsi Sumsel H Muhammad Lubis SKm MKes, Kepala Dinas Kesehatan dan sejumlah pejabat dinkes hadir dalam pelantikan tersebut.

Ridho Yahya selaku orang nomor satu di Kota Prabumulih menuturkan, keberadaan Persagi sangatlah penting. “Kenapa penting? Karena ahli gizi itu berkaitan dengan gizi, gizi itu tidak lepas dengan kesehatan. Apalagi sekarang ini musim covid-19, perlu gizi seimbang sehingga kita menjadi sehat,” kata Ridho Yahya.

Dalam pemenuhan gizi kata Ridho, juga diperlukan ekonomi yang baik dan tempat tinggal yang juga layak. “Gizi ini tidak lepas dari ekonomi, kalau ekonominya baik otomatis gizinya cukup. Gizinya cukup otomatis sehat. Kalau sehat Insyallah kedeapan akan melahirkan pemimpin yang sehat, pemimpin sehat otomatis akan memikirkan warga dan masyarakatnya,” ujarnya yang juga mengatakan agar tubuh tetap sehat harus diimbangi dengan olahraga.

“Iya bagi orang kaya, bagi yang tidak mampu ini menjadi pemikiran kita juga. Makanya kita buat program peningkatan ekonomi masyarakat sehingga gizinya bagus menjadi sehat,” lanjutnya yang juga mengakui saat ini sudah banyak penderita diabetes, struk lantaran tak menerapkan pola makan yang sehat dan berolahraga.

Terkait tempat tinggal, Ridho menuturkan pemerintah telah berupaya dengan membangun rumah baru bagi warga yang memiliki rumah tak layak huni melalui infaq pegawai. “Gizi bagus rumah jelek tidak bisa juga, makanya untuk yang tidak mampu rumah kita bangunkan dari infaq pegawai. Rumahnya dibaguskan, alhamdulillah penyapu jalan juga, tukang becak juga,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Ridho berharap agar Persagi Kota Prabumulih terus berpartisipasi dan berbuat untuk Kota Prabumulih terlebih dimasa pandemi Covid-19 seperti saat ini. “Teruslah berbuat untuk kebaikan masyarakat Kota Prabumulih,” harap suami Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu ini.

Sementara itu, DPD Persagi Provinsi Sumsel H Muhammad Lubis SKm Mkes menuturkan ahli gizi memiliki peran penting dalam memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pemenuhan gizi. Sebab kata dia, pemenuhan gizi menjadi salah satu faktor pendukung dalam pembangunan yang ada di Indonesia. Sehingga peran Persagi di tengah masyarakat, terkait pengetahuan pemenuhan asupan gizi, pola makan sangatlah diperlukan. “Pemenuhan gizi bagi ibu hamil, ibu menyusui, anak balita sangat penting. Dari inilah akan dilahirkan generasi-generasi penerus yang sehat dan berkualitas. Memberikan informasi akan asupan gizi, pola makan kepada masyarakat menjadi tugas kita (persagi,red),” terang mantan Kadinkes Ogan Komering Ilir (OKI) ini.

Selain itu lanjut dia, dengan gizi yang terpenuhi, pola makan sehat dan berlohraga akan menjadikan masyarakat khususnya lansia menjadi lebih produktif. “Sekarang ini sudah banyak, yang usia 60 tahun keatas sudah menjadi beban bagi keluarga. Sudah diabates, sudah darah tinggi,” bebernya.

Lebih lanjut Muhammad Lubis mengatakan, pandemi covid-19 menjadi salah satu tantangan bagi ahli gizi yang ada di Indonesia. “Penyakit ini menyerang imunitas tubuh, dan meningkatkan imunitas tidak bisa hanya dengan berjemur dan berolahraga, bila asupan gizi tidak terpenuhi,” tuturnya.

Dalam acara tersebut, ia juga mengapresiasi perhatian dari Pemerintah Kota khususnya Wali Kota Ir H Ridho Yahya MM yang secara langsung hadir dalam acara. Bahkan terkait program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan juga mendapat apresiasi dari DPD Persagi Provinsi Sumsel ini. “Untuk DPC Persagi Prabumulih, saya juga sangat mengapresiasi, karena sudah sangat aktif dan teruslah untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat,” pesannya.

Sementara itu, Ketua Persagi Kota Prabumulih Ema Suryani SST RD berharap bersama pengurus yang baru Persagi lebih kompak, bersemangat dan bersinergi dengan pemerintah dalam menjalankan tugas ditengah masyarakat. Termasuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, seperti halnya memberikan dukungan sosial berupa bantuan kepada masyarakat korban yang tertimpa musibah. (08)

Susunan pengurus DPC Persatuan Ahli Gizi (Persagi) Kota Prabumulih periode 2020-2025

Penasehat                   : Wali Kota Ir H Ridho Yahya MM

Kadinkes dr H Happy Tedjo S MPh, Ketua DPD Persagi Provinsi

Ketua                          : Ema Suryani SST RD

Sekertaris                   : Sepa Maryani AMg

Bendahara                 : Nesyi Febi Oktarina Putri Sgz & Nur I Rodiyah SKm

Bidang Kesekretariatan : Winda P AMd Gz (ketua)

Bidang Organisasi     : Melly Kusmawati SKm, MSI (ketua)

Bidang pelatihan & pendidikan : Ita Lestari AMG (ketua)

Bidang Kesejahteraan : Indah Viskarini SKM MSi (ketua)

Bidang Institusi Gizi : Armiyani AMg KM RD (ketua)

Bidang Kerohanian  : Ri’fah F AMG SKM RD (ketua)

Bidang Kesenian       : Eliyati S SKM (ketua)

Bidang Humas           : Anggi K Sari AMG (ketua)

 

 

FOTO BELAKANG ; DPD Persagi Provinsi Sumsel H Muhammad Lubis SKm Mkes melantik 38 pengurus DPC Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Kota Prabumulih  Periode 2020 – 2025.

 

 

Komentar

News Feed