oleh

27 CPNS Polsuspas Rutan Tes Urine BNN

PRABUMULIH – Sebanyak 27 orang CPNS Polisi Khusus Pemasyarakatan (Polsuspas) Kementerian Hukum dan HAM mulai mengikuti orientasi sekaligus pembinaan lanjutan di Rutan Kelas IIB kota Prabumulih, Senin (5/2) pukul 10.00 WIB.
Sejumlah Polsuspas diantaranya, 25 orang laki-laki dan dua orang perempuan itupun oleh petugas dari Badan Narkotika Nasional (BNN) kota Prabumulih dites urine guna melakukan pencegahan sejak dini penyalahgunaan narkoba terhadap para pegawai maupun terjaganya lingkungan rutan bersih dari narkoba.
“Pencegahan terhadap bahaya narkoba ini kita lakukan sejak dini. Jadi kita sengaja mengundang pihak BNN selain untuk memberikan penyuluhan tentang bahaya narkoba juga kita mintakan melakukan tes urine terhadap 27 orang CPNS Polsuspas yang baru ditempatkan di sini,” ujar Kepala Rutan Klas II B Prabumulih, Ronaldo De Vinci Talesa Amd IP SH dibincangi, Senin (5/1).
Menurut dia, untuk menciptakan pegawai rutan yang bersih dari ancaman dan pengaruh dari bahaya narkoba hendaklah harus tegas dilakukan pencengahannya sejak dini. Salah satunya itu, melakukan tes urine secara rutin terhadap para pegawai di rutan tersebut.
“Untuk hasil dari tes urine seluruh CPNS Polsuspas tadi kita ketahui negatif semua. Dan tentu kegiatan tes urine BNN ini akan dilakukan secara rutin tanpa memberitahukan jadwal waktu gelar atau secara mendadak dilakukannya ke para pegawai,” kata dia.
Beberapa halpun, kata De Vinci, dalam pelaksanaan tugas dan kewajiban bekerja di lingkungan Rutan Klas II B yang patut untuk dipatuhi para Polsuspas tersebut. Bila melanggar, sambung dia, beberapa sanksi tegas bahkan pemecetan pun dapat dilakukan.
“Yang jelas, prosedur yang harus dipahami oleh mereka paling utamanya. Bila ada kesalahan ataupun hal yang berbentuk pelanggaran tentu akan diberikan sanksi tegas, bisa jadi mereka tidak akan diangkat dan justru diberhentikan,” tegasnya.
Lebih lanjut dituturkan Kepala Rutan ini, kegiatan orientasi di rutan tersebut merupakan kegiatan pembinaan lanjutan para Polsuspas yang telah mengikuti sebelumnya di Palembang. Kegiatan orientasi di rutan inipun, direncanakan akan digelar selama dua minggu kedepan.
“Iya mereka pun dibina dengan pengenalan keamanan, Standar Oprasional Prosedur, pengenalan tata bahasa, senjata. Mereka juga akan diajarkan terkait CB, PB dan prosedur administrasi lainnya, jangan sampai mereka menjalankam tugas justru melanggar prosedur yang ada,” bebernya.
Dengan adanya penambahan 27 orang CPNS Polsuspas itu, De Vinci menyampaikan bahwa akan sangat membantu pihaknya dalam melaksanakan tugas pengamanan di sejumlah sudut lingkungan dalam rutan tersebut. Sebab, pihaknya sedikit kesulitan selama ini dalam mengawasi serta menjaga para napi dan tahanan yang kini jumlahnya sudah mencapai sebanyak 400 orang penghuni.
“Untuk optimalnya dalam pengamanan di rutan ini, kita membutuhkan sekitar 11 orang petugas pengamanan dan selama ini personel kita memang masih sedikit. Tentu, sekarang dengan penambahan ini kita aman dan berkecukupan,” tandasnya.
Sementara itu, Kepala BNN Kota Prabumulih, Ibnu Munzakir S Sos melalui Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, M Satrio SKm menjelaskan, pelaksanaan kegiatan dilakukan pihak Rutan tersebut adalah merupakan pelaksanaan Bang Wawan dan implementasi penggiat anti narkoba.
“Kegiatan ini merupakan pelaksanaan Bang Wawan dan implementasi penggiat anti narkoba 2017 yang masuk kriteria sangat mandiri. Pihak Rutan klas II B Prabumulih ini dengan pihak kita sendiri sampai saat ini sangat bersinergis dan bermitra dengan baik,” imbuhnya.
Bentuk sinergitas dan kerjasama yang baik dilakukan BNN dan Rutan itu, lanjut Satrio seperti bekerjasama dalam penitipan tahanan, razia gabungan, pertukaran informasi data tahanan pidana narkotika, pengiriman residen ke rehabilitasi melalui Penggiat Anti Narkoba.
“Kita memberikan sejumlah materi tentang narkoba dan juga dilanjutkan dengan tes urine para CPNS Polsuspas kepada sebanyak 27 orang diantaranya 25 orang laki-laki dan 2 orang perempuan dengan hasil tes urinenya negatif,” tukasnya. (rel/go)

News Feed