oleh

22 Peserta UNBK Tak Lulus

Satu Siswa Ujian Susulan
PRABUMULIH – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/MA, sudah rampung dilaksanakan. Nah, dari 1,924 peserta UNBK 22 siswa dipastikan tak akan lulus sekolah.
Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/MA Kota Prabumulih, Ruslan Maladi MPd menuturkan 22 peserta UNBK, yang tak lulus sekolah tersebut berasal dari 5 sekolah di kota ini. Dimana sebelumnya jumlah peserta berdasarkan data peserta UNBK SMA/MA sebanyak 1,924 siswa.
“Tapi setelah pelaksanaan UNBK selama 4 hari. Diketahui 22 siswa dari 5 sekolah tak mengikuti UNBK, yang semua siswa tersebut tidak mengikuti UNBK karena sudah berhenti sekolah jauh sebelum pelaksanaan ujian,” ujar Ruslan Maladi.
Dituturkan Ruslan, meski sudah berhenti namun data 22 siswa tersebut masih tercantum di dalam data pokok pendidikan (Dapodik) masing-masing sekolah. Sehingga jumlah siswa yang mengikuti UNBK tingkat SMA masih belum berubah yakni 1,924 siswa. “Padahal pada saat pelaksanaan hanya berjumlah 1,902 siswa,” jelasnya ketika ditemui koran ini di SMK YPS Prabumulih dihari terakhir pelaksanaan UNBK kamis (13/4).
Ruslan membeberkan, 22 siswa yang tidak mengikuti UNBK tersebut diantaranya 20 siswa dari jurusan IPS dan 2 siswa dari jurusan IPA. “Adapun 22 siswa yang tidak mengikuti UNBK SMA diantaranya berasal dari SMA Budi Utomo sebanyak 1 orang, SMAN 8 sebanyak 2 orang, SMAN 5 sebanyak 1 orang, SMA Tunas Bakti sebanyak 5 orang, dan SMA Taman Siswa sebanyak 13 orang,” beber pria yang juga menjabat sebagai Kepala Sekolah SMAN 6 Prabumulih itu.
Sedangkan untuk siswa yang melaksanakan UNBK susulan nantinya pada tanggal 18-19 April 2017 hanya berjumlah satu orang. “Setelah pihak sekolah melapor, diketahui ada satu siswa dari SMAN 3 yang nantinya akan melaksanakan UNBK susulan. Untuk mata pelajaran bahasa inggris,” ungkapnya.
Selebihnya lanjut dia, pelaksanaan UNBK SMA/MA berjalan dengan lancar. Dan untuk pengumuman kelulusan itu berdasarkan Prosedur Operasional Standar (POS) di bula Mei mendatang. “Selain dari itu pelaksanaan UNBK SMA/MA berjalan lancar, hingga tinggal menunggu pengumuman yang kita belum ketahui pasti tanggal pastinya sebab hal itu dilakukan di bulan Mei nanti,” tegasnya.
“Seterusnya diharapkan para siswa mendapatkan hasil yang bagus dan bisa lulus semua. Serta di tahun mendatang pelaksanaan UNBK akan berjalan lebih baik lagi,” tandasnya.
Sementara di tempat yang sama SMAN 5 yang diketahui tengah melaksanakan UNBK hari terakhir di SMK YPS Prabumulih, mengungkapkan pelaksnaan UNBK berjalan dengan baik dan lancar.
“Alhamdulillah, 108 siswa kita yang melaksanakan UNBK ini berjalan dengan lancar. Dan mudah-mudahan mereka nantinya akan mendapat nilai yang bagus,” ujar Kepala SMAN 5 Prabumulih Suharman MPdI
“Serta pada tahun mendatang nantinya SMAN 5 nantinya akan dapat melaksanakan UNBK sendiri. Sebab dengan 2 sesi pelaksanaan UNBK membutuhkan kurang lebih puluhan unit komputer. Dan saat ini kita terus mengupayakan fasilitas UNBK pada tahun depan,” tukasnya.(Dewi)
AWASI: Kepala SMAN 5 Prabumulih Suharman MpdI, mengawasi pelaksanaan UNBK hari terakhir Kamis (13/4), yang dilaksanakan di SMK YPS.
Foto: Dewi/Prabumulih Pos

News Feed