oleh

21.805 Pekerja Aktif Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan

-Metropolis-61 views

PRABUMULIH – Dari target sekitar 24 ribu pekerja aktif di Prabumulih dan sekitarnya, sejauh ini sudah 21.805 Pekerja terlindungi dan masuk BPJS Ketenagakerjaan di Cabang Prabumulih. Kepala BPJS Ketenagakerjaan, Darwati SH menjelaskan, kalau 21.805 tersebut. Terdiri dari pekerja penerima upah (PPU) atau pekerja formal sebanyak 12.234 orang.

“Lalu, pekerja bukan penerima upah (BPU) berjumlah 2.111 orang. Terakhir, pekerja jasa konstruksi sekitar 7.460 orang,” akunya ketika dibincangi awak media di kantornya, Selasa (10/9). Kata dia, banyak sekali manfaatnya dan kegunaannya tergabung dalam BPJS Ketenagakerjaan. Karena, BPJS Ketenagakerjaan memberikan perlindungan berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JPN).

“Makanya, kita imbau seluruh warga baik pekerja aktif atau bukan, agar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan sehingga merasakan manfaatnya,” jelasnya. Lanjutnya, PPU terlindungi JKK dan JKM oleh pemberi kerja. Sedangkan, JHT dan JPN iklannya ditanggung bersama antara pemberi kerja dan juga pekerja. “Sementara itu, iuran untuk pekerja mandiri. Alias pekerja non aktif, sebesar Rp 16.800. Kepesertaan akan kita terus tingkatkan,” pungkasnya.

Sambungnya, BPJS Ketenagakerjaan berupaya melayani pesertanya dengan optimal dan maksimal. Khususnya, masalah klaim BPJS Ketenagakerjaan diinginkan oleh peserta. “Asalkan persyaratannya lengkap, proses klaim akan kita bantu. Sudah menjadi kewajiban kita untuk memberikan pelayanan,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed