oleh

2020, Penderita HIV AIDS Meningkat

-Kecamatan-526 views

Banyak dari Luar Kota

BERDASARKAN data yang ada di Dinas Kesehatan Kota Prabumlih, kasus Penderita HIV AIDS yang meningkat di tahun 2020 ini. Dimana jumlah penderita mencapai 14 orang. Sementara di tahun 2019 penderita HIV AIDS sebanyak 7 orang.

“Data 14 itu tidak semua dari Prabumulih, ada juga dari luar. Rinciannya 5 dari Prabumulih, 9 dari luar Prabumulih,” kata Kabid P2P H Izhar SKM MKes melalui Kasi Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular (P2PM) Hj Mifta Kosim SKm.

Perempuan berkacamata ini menuturkan, terdapat 8 populasi yang menjadi sasaran pemeriksaan HIV AIDS. “Tapi di Prabumulih hanya 7, yakni ibu hamil, pasien TB, Lelaki Suka Lelaki (LSL), waria, Wanita Pekerja Seksual (WPS), IMS, dan WBP (Warga Binaan Permasyarakatan). Yang tidak ada pasangan suntik narkoba,” imbuhnya yang juga mengajak masyarakat untuk tidak malu melakukan screning di Puskesmas.

Sementara saat ini ungkap Mifta, setidaknya ada 80 ODHA (Orang dengan HIV AIDS) yang sedang menjalani terapi di Rumah Sakit yang ada di Kota Prabumulih. Jumlah penderita tersebut kata Mifta juga banyak berasal dari luar kota seperti Palembang, OI, Muara Enim dan Pali.

“35 dari Kota Prabumulih dan 45 dari luar kota Prabumulih.  Mereka lebih nyaman berobat di Kota Prabumulih, dan itu di RSUD. Semua pemeriksaan dan pengobatan gratis,” tukasnya mengatakan penderita HIV harus mengkonsumsi obat seumur hidup.(08)

 

Komentar

News Feed