oleh

2020, 117 RTLH Dibangun Layak Huni

PRABUMULIH – Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan program bedah rumah merupakan program unggulan Baznas. Selama 2020 silam, setidak 117 rumah tidak layak huni (RTLH) berhasil dibangun menjadi layak huni.

Ketua Baznas, H Najamuddin Said SAg MM mengungkapkan pembangunan dari sekitar Rp 3 miliar lebih dana dikelola Baznas dari Dana Zakat Infak Sodakoh (ZIS) PNS dan masyarakat.

“Pada 2020, berhasil dibangun rumah sebanyak 117 unit. Dan, kunci rumahnya telah diserahkan kepada pemilik rumah,” ujarnya kepada awak media, Rabu (6/1/2021).

Dengan dana Rp 25-30 juta, kata dia perbulan sekitar 10 rumah rata-rata bisa dibangun. “Target kita, pada 2021 tetap 120 pertahun dan 10 rumah perbulan. Harapan kita, dana ZIS khususnya dari masyarakat untuk bisa terus ditingkatkan,” harapnya.

Tidak hanya itu, peran serta dari stakeholder. Akunya, penting sekali dalam menyukseskan program bedah RTLH ini. Seperti dari DPRD, Polres Prabumulih, Koramil, dan lain-lainnya.

“Sehingga, makin dan terus banyak rumah RTLH bisa dibangun,” ucap Najam.

Selain rumah, kata Mantan Tenaga Pendidik ini, tahun ini ada 11 unit kursi roda. Lalu, 2 unit alat dengar, 2 unit tongkat disalurkan kepada mereka yang membutuhkan.

“Termasuk juga penyaluran dana kepada warga sakit kurang mampu, mualaf, mustahid, santunan anak yatim, dan lain-lainnya. Sudah menjadi tugas Baznas, mengelo dana masyarakat dan menyalurkannya kepada yang berhak,” ujarnya. (03)

Komentar

News Feed