oleh

2016, 640 Anak Tak Sekolah

PRABUMULIH – Selain infastruktur, pendidikan nampaknya harus mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kota (pemkot). Betapa tidak, hingga kini masih banyak anak-anak yang tak sekolah. Bahkan ditahun 2016 lalu, setidaknya tercatat 640 Anak Tak Sekolah (ATS) yang ada do Kota Prabumulih.

Data itu, merupakan hasil pendataan yang dilakukan oleh Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan Pendidikan Non Formal Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prabumulih. “ Jumlah ATS hasil pendataan tahun 2016 lalu, semuanya sudah dituntaskan melalui ujian paket kesetaraan, karena itu kita akan lakukan pendaatn ulang untuk melihat anak putus sekolah dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini,” kata Kepala Seksi Dikmas, Dra Huzaifah MSi.

Pendataan ATS akan kembali dilakukan dalam waktu dekat. Huzaifah menuturkan, hal ini perlu dilakukan sesuai dengan program nasional yang tercantum dalam RPJMN 2015-2019 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan amanat presiden. Yakni tentang pemberian Program Indonesia Pintar (PIP) bagi anak sekolah dan anak usia sekolah yang tidak sekolah usia 6-21 tahun yang mengikuti program kesetaraan dan kursus keterampilan.

Nah berdasarkan rujukan tersebut, Ditjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud RI berupaya untuk memfasilitasi daerah dalam pemberian PIP bagi peserta didik program kesetaraan (paket A, B dan C) dan kursus keterampilan. “ATS yang mengikuti program kesetaraan dan memperoleh PIP akan memperoleh dana bantuan opersional pembelajaran (BOP) yang digunakan untuk proses pembelajaran dan dana PIP untuk membantu urusan personal peserta didik,” tambah wanita yang akrab disapa Ipah ini.

Ia mengatakan, dalam pelaksanaan pendataan mendatang, akan melibatkan seluruh pegawai dibidang PAUD Dikmas, untuk lebih mendapat dan lebih meluas melakukan pendataan sehingga tidak ada yang terlewatkan. “Selain itu kita juga memfasilitasi agar masayrakat yang tidak sekolah untuk segera melapor ke Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih di bidang PAUD dan PNF,” t andasnya.(05)

Komentar

News Feed