oleh

191 Perkara Pidana Umum Incraht

-Ringkus-47 views

11 Perkara Pidana Anak, 14 Perkara Perdata

PRABUMULIH – Sejak Januari hingga Oktober ini, Pengadilan Negeri (PN) telah menanggapi 231 perkara pidana umum.

Sejauh ini, informasi dihimpun koran ini setidaknya 190 kasus pidana umum sudah incraht atau berkekuatan tetap telah divonis pengadilan, karena sudah diputus pengadilan.

Hal itu dibenarkan Ketua PN, Anak Agung Oka Parama Budita Gocara SH MH. Lanjut Oka, artinya sekitar 84 persen perkara masuk telah selesai diputus atau disidangkan.

“Sisanya, sekitar 41 perkara sejauh ini masih berjalan proses sidangnya,” jelas Oka, sapaan akrabnya dibincangi awak media, Jumat (4/10) didampingi Humas, Dendy Fitriansyah SH.

Ungkapnya, jumlah perkara ditangani sifatnya sementara. Karena, bisa bertambah sering masuknya perkara dari Kejaksaan Negeri (Kejari).

“Akan terus bertambah jumlahnya. Apalagi, bergantung perkara limpahan Kejari,” akunya.

Sementara itu, kata dia, khusus pidana anak sejauh ini masuk ke PN ada 12 perkara ditangani. Telah diputus pengadilan, akunya 11 perkara sudah incraht.

“Tinggal satu kasus lagi masih berjalan. Hampir 90 persen perkara pidana anak telah kita putus,” sebutnya.

Sedangkan, perkara perdata ada 22 kasus masuk. Dan, 14 perkara sudah incrahtatau berkekuatan hukum tetap. “Sedangkan, kasus masih berjalan,” tambahnya.

Jelasnya, kondisi jumlah hakim dimiliki PN sekarang ini hanya lima. Dengan tiga panel sidang, dua sidang perkara umum dan perdata. Lalu, satu panel perkara anak. Akunya, berusahasecapatnya menuntaskan perkara ditanganinya hingga bisa incraht.

“Kita berupaya secepatnya menangani perkara hingga punya kekuatan hukum tetap. Atau sifatnya, berkeadilan bagi korban dan juga pelaku. Meski kita tidak dipungkiri, penanganan satu perkara butuh waktu cukup lama. Paling lama 5 bulan, paling cepat 1,5 bulan,” pungkasnya.

Terangnya, untuk pengajuan permohonan. PTSP PN, bisa menyelesaikannya dalam satu hari saja. “One dayoneservice, khusus pengajuan permohonan untuk PTSP. Persidangan kita gelar Senin hingga Jumat, mula pukul 9 pagi,” tandasnya. (03)

Komentar

News Feed