oleh

18 Mapel Diberikan Dipraktek US

-Pendidikan-458 views

TANJUNG RAMAN – Saat ini sejumlah SMA negeri dan swasta tengah memberikan pelaksanaan praktek ujian sekolah (US) yang diperuntukkan bagi siswa Kelas XII. Seperti yang dilakukan SMA Negeri 2. Nah, terkait hal itu sebanyak 18 mata pelajaran praktek US yang diberikan sekolah baru akan berakhir 10 hari kedepan atau tepanya di 17 Maret mendatang.
“Selama 10 hari lebih kita memberikan praktek US kepada ratusan siswa kelas XII baik jurusan IPA atau IPS,” ujar Kepala SMA Negeri 2, Dra Hj Tin Martini MM melalui Waka Kurikulum Mat Asan SPd ketika dibincangi koran ini, kemarin (7/3).

Adapun ke-18 mata pelajaran (mapel) tersebut, yakni Biologi, Fisika, Kimia, Seni Budaya Keterampilan (SBK), Pendidikan Olaraga Jasmani Kesehatan (PJOK), Pendidikan Agama Islam (PAI), Prakarya, Kewirausahaan, Bahasa Indonesia dan Inggris.
“Itu untuk mapel siswa kita yang mengambil dari jurusan IPA. Sementara IPS-nya, ya memang lebih sedikit jumlah diantaranya Biologi, PJOK, SBK, Prakarya, Kewirausahaan, PAI, Bahasa Indonesia serta Inggris,” ujarnya.
Guru Kimia Kelas XI, Emi Listiana SPd menyebutkan hal tak jauh berbeda. Adapun soal materi praktek ujian sekolah dimata pelajaran Kimia diberikan pihaknya ke sejumlah siswa, yakni tentang materi Daya Hantar Listrik Larutan yang praktek ujiannya menggunakan sejumlah alat atau pun benda cair oleh siswa.
Artinya, hasil akhir yang harus diambil siswanya, kata dia, mulai dari pengamatan larutan diuji, pertanyaan dan hingga ketahap kesimpulan yang hal tersebut wajib dilakukan setiap siswa pelaksanaannya secara serentak.
“Adalah pertama bertujuan apakah siswa dapat melakukan pengamatan dengan baik gejala hantaran listrik pada beberapa larutan yang telah disiapkan,” terangnya

Kemudian, siswanya tersebut juga kembali harus bisa dapat membedakan daya hantar larutan elekrolit dan non elekrolit dan ketiganya berupa mengelompokkan larutan elektrolit termasuk katagori kuat, lemah dan non elektrolit.
“Dan terakhir, tibalah siswa itu diberikan kesempatan untuk menjelaskan pengertian dari larutan elektrolit/non elektrolit ke kita selaku pengawas dibidang mapel praktek ujian ini,” terangnya seraya menyebutkan praktek US itu merupakan salah satu syarat yang menetukan siswa nanti bisa dinyatakan lulus maupun tidak dari pihaknya.

Terpisah, salah satu siswa Diaz Vizardi menambahkan, ia tidak merasa kesulitan lagi pada saat mengikuti praktek US seperti ini yang bahan atau alat uji-nya kali ini terdiri dari gelas kimia, tissu, air ledeng/sumur, larutan gula, asam cuka, klorida dan masih banyak lagi bahan lainnya dari sekolahnya.
“Karena sebelumnya, saya dan teman-teman sudah lebih duluan mempelajari teori materi semacam ini, ketika masih berada di kelas XI lalu. Jadi, untuk ujiannya bisa dikatakan tidak memiliki kendala lagi,” kata siswa kelas XII IPA 2 ini. (Mg 02)

UJIAN PRAKTEK: Siswa Kelas IX SMA Negeri 2 mengikuti praktek ujian sekolah mata pelajaran Kimia
Photo: bakron/prabupos

News Feed