oleh

14 Peserta Seleksi Pramuka Garuda

-Pendidikan-169 views

PRABUMULIH – Sebanyak 14 peserta yang direkomendasikan dari Gugus Depan (Gudep) untuk mengikuit seleksi Pramuka Garuda, yang dilaksanakan oleh Pengurus Pramuka Kwatir Cabang (Kwarcab) Prabumulih. Pelaksanaan seleksi sudah dimulai sejak Kamis (22/8) yang dilakukan seleksi adimistrasi peserta.

Menurut Ketua Kwarcab Sorbi melalui Penanggung jawab pelaksanaan seleksi Pramuka Garuda, Sarman Sahir SH, kegiatan diikuti oleh peserta yang sudah sesuai dengan beberapa Kriteria atau persyaratan Pramuka Garuda sesuai dengan PP Kwarnas 038 tahun 2017 tentang Pramuka Garuda.

“Tidak semua anggota Pramuka bisa ikut seleksi Pramuka garusa, karena itu dari sebanyak 14 peserta tersebut sudah berasal dari tingkat siaga, penggalang, penegak dan pandega. Karena itulah sesuai dengna rekomendasi dari Pembina gugus depan,” bebernya.

Diketahui, Pramuka Garuda adalah penghargaan tertinggi baik ditingkat Siaga, penggalan dan penegakan yang didapatkan sesuai dengan keaktifan dalam mengikuti rangkaian kegiatan Pramuka. Untuk menjadi tim seleksi juag beradasrkan SK Kwarcab No 31 tentang tim penilai Pramuka Garuda tingkat siaga, penggalangan dan penegakan Kwarcab Prabumulih.

“Dalam tim penilai tersbebut banyak orang yagn terlibat, diantaranya seperti pembina gugus depan, Pembina gugus depan, orang tua , andalan kwartir, dan tokoh masyarakat juga dilibatkan. Karena Pramuka Garuda ini adalah penghargaan tertinggi yang tidak bisa diberikan sembarangan, karena setelah memenuhi kriteria akan mendapatkan sertifikat Pramuka Garuda dan tanda Pramuka.” jelas pria yang tinggal di Kelurahan Muara dua ini.

Lebih jauh, Purnawirawan Polisi ini mengatakan setelah seleksi administrasi, maka peserta akan mengikuti rangkaian seleksi wawancara bila diperlukan, baru kemudian Pengumuman akan dijadwalkan hari Senin. “Seleksi sudah dilakukan melalui Kepala Sekolah atau Pembina gugus depan,” tandasnya.

Diketahui beberapa kriteria peserta diantaranya dapat menjadi contoh yang baik sesuai isi trisatra dan dasadarma pramuka, pernah mengikuti pertemuan pramuka mulai dari tingkat ranting, cabang dan daerah, aktif membantu pembina gugus depan dan dapat melakukan kegiatan pembangunan dilingkungan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga penilaian.(05)

Komentar

News Feed