oleh

13 Kelurahan/Desa Belum Tersentuh Sosialisasi Pilkada

PRABUMULIH – Upaya meningkatkan partipasi warga, agar datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan mencoblos pada Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Serentak pada 2018 terus dilakukan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) hingga Kamis (1/2).

Dengan menerjunkan tim terdiri dari Kesbangpol, Panitia Pengawas Kota (Panwaskot) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Untuk melakukan sosialisasi Pilkada Serentak ke 37 kelurahan/desa di ‘Kota Nanas’ ini.

Sejauh ini, Kata Kepala Kesbangpol, Martodi HS SH MM menjelaskan, sosialisasi tersebut telah dilaksanakan di 24 kelurahan/desa yang tersebar di Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT), Kecamatan Prabumulih Selatan, Kecamatan Cambai, Kecamatan Prabumulih Utara, dan sebagian Kecamatan Prabumulih Barat.

“Ada sekitar 13 kelurahan/desa yang belum tersentuh sosialisasi kita di wilayah Kecamatan Prabumulih Timur dan sebagian Kecamatan Prabumulih Barat. Sosialisasi kita lakukan setiap hari, untuk meningkatkan kesadaran warga. Supaya ambil bagian pada hari H pencoblosan Pilkada Serentak,” jelas Martodi.

Kata Martodi, setidaknya sekitar 20 orang yang turun ke kelurahan/desa untuk mensosialisasikan Pilkada Serentak kepada masyarakat di setiap kelurahan/desa.

“Mulai dari waktu pencoblosan, tata cara pencoblosan, peragaan pencoblosan, dan lainnya. Baik, Pilwako dan Pilgub semua warga harus mensuksesnya,” akunya.

Sambungnya, seluruh warga kota ini diajak untuk datang ke TPS, supaya menyalurkan hak suaranya pada 27 Juni mendatang. “Apalagi, target partisipasi masyarakat dalam rangka Pilkada Serentak mencapai 80 persen.

“Target kita pada 10 Februari mendatang, sosialisasi di seluruh kelurahan/desa tuntas. Dan, bisa mendongkrak partisipasi masyarakat dalam Pilkada Serentak tersebut,” bebernya.

Tukasnya, ia mengimbau, kalau tidak menyalurkan haknya pada pesta demokrasi 5 tahun ini. Yang rugi, warga sendiri. Karena, tidak ikut menentukan nasib untuk memilih pemimpin 5 tahun ke depan.

“Sayang sekali, jika sampai tidak mencoblos. Hilangkan persepsi, kalau tidak mencoblos tidak ada pengaruhnya dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak,” ucapnya. (03)

News Feed