oleh

12 Desa Ditarget Naik Status Jadi Desa Berkembang

-Metropolis-38 views

 PRABUMULIH – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kota Prabumulih, sedang melakukan evaluasi dan pendataan terhadap 12 desa yang ada di Kota Prabumulih.

“Tim dilapangan sedang melakukan pemetaan kondisi desa melihat IDM (Indeks Desa Membangun). Hasilnya belum tau, tapi targetnya lebih bagus,” kata Kepala DPMD A Fauzan SSTp MM.

Meski belum semua desa dilakukan pemetaan, namun menurut Fauzan semua desa yang ada di Kota Prabumulih sudah layak untuk naik status. “Sejauh ini kalau kita lihat sudah layak jadi desa berkembang,” ucapnya.

Sementara Kabid Pemerintah Desa (pemdes) Fatkhan Mubina SKM MSI melanjutkan, sudah 6 desa dilakukan pemetaan. Desa tersebut yakni, Pangkul, Muara Sungai, Tanjung Telang, Tanjung Menang, Kemang Tanduk, Karya Mulia. “6 desa lagi belum, satu hari kita satu desa,” lanjut Fatkhan.

Nah, dilihat dari 6 desa yang sudah dilakukan evaluasi dan pemetaan. Desa-desa tersebut sudah layak naik status menjadi desa berkembang. Apalagi kata dia, kriteria untuk naik status sudah terpenuhi. “Kalau hasil kita sementara naik tingkat semua. Tingkat peningkatan ekonomi, peningkatan sosial sudah banyak terpenuhi,” imbuhnya.

Hal itu terang dia tak lepas dari pembangunan dan pemberdayaan yang dilakukan didesa, baik dari anggaran dana desa dikucurkan oleh Pemerintah Pusat maupun lainnya. “Jalan-jalan sudah bagus, rata-rata desa sudah ada sekolah Paud, ekonominya juga sudah mulai menggeliat. Fasilitas kesehatan sudah ada pustu,” terangnya.

Lebih jauh Fatkhan mengutarakan, dalam melakukan evaluasi dan pemetaan tak semata melibatkan pemerintah desa. Namun juga pihak-pihak terkait. “800 item yang harus diisi, isi bersama Kades Camat Puskemas Paud, pokoknya yang berkompeten disitu diundang,”ucapnya.

Disinggung apakah dengan sudah naik menjadi desa berkembang akan berdampak pada turunnya anggaran bantuan dana desa. Menurut Fatkhan, justru desa akan mendapat “reward” atas keberhasilan desa yang naik status dari desa tertinggal menjadi desa berkembang. “Perhitungan dasar memang turun, tapi ada anggaran kinerja yang akan naik,” bebernya.

Dikatakan Fatkhan, hasil monitoring pemetaan dilapangan nantinya akan disinkronkan dengan instansi dinas terkait. “Seperti dengan Bappeda dengan statistik tetap kita kroscek apakah memang betul. Dan nantinya dari hasil itu, yang menetapkan status desa berkembang  wali kota,” tukasnya mengatakan setelah desa berkembang nantinya akan naik menjadi desa maju yang selanjutnya menjadi desa mandiri.

 Kepala Desa Kemang Tanduk Kecamatan Rambang Kapak Tengah Adi Darminto AMd, bersyukur bila nanti hasil evaluasi desanya naik status menjadi berkembang. “Alhamdulillah kalau nanti naik status jadi berkembang, artinya desa kami tidak tertinggal lagi. Dan kalau nanti jadi desa berkembang kami juga akan siap menuju desa maju dan mandiri,” kata Adi.(08)

 

Komentar

News Feed