oleh

1 Lulus Akpol, 26 Bintara

PRABUMULIH – Ratusan pelajar yang mendaftar masuk polisi asal Polres Prabumulih, belakangan hanya 27 orang berhasil lolos. Terdiri dari satu masuk akademi kepolisian (Akpol) dan 26 bintara. Bahkan informasi dihimpun koran ini, satu bintara sudah empat kali mencoba peruntungan ikut tes, dan akhirnya tahun ini bisa lolos dan menempuh pendidikan di SPN Betung nantinya.

Dia adalah Agung Rambang Prajunda (20), warga Perumnas Vina Sejahtera Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur. Ia lulusan SMKN 1, Jurusan Teknik Instanlasi tenaga listrik. “Alhamdulillah, setelah empat kali mencoba akhirnya bisa lolos. Mendaftar polisi ini tidak dipungut biaya sepeserpun. Selain itu, tidak ada panitia datang menemui,” akunya kepada petugas yang menyambangi rumahnya.

Bahkan ibundanya sempat melarang dirinya karena sudah tiga kali ikut tes tidak juga lolos. Kata ibunya, selain sudah capek ikut tes. Belum lagi, biaya bolak balik ikut tes lumayan. “Meski demikian, tetap yakin berusaha dan berjuang mewujudkan cita-cita hingga akhirnya lulus dan bisa jadi bintara. Ibu juga sempat menyarankan, cari kerja lain. Tetapi, tetap bertekad bisa lulus,” sebutnya.

Agung berbagi kiat, terpenting berusaha sekuat tenaga. Apa jadinya, biar tuhan menentukan nasib nantinya. “Dengan kemampuan dimiliki, berusaha mewujudkan cita-cita diinginkan,” bebernya. Sementara itu, Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk SIk MH didampingi Kabag Sumda, Kompol Rudi Isroni SH tidak menampik hal itu. Sebanyak satu akpol, 26 bintara yaitu 24 polisi laki-laki (Polki) dan dua polisi wanita (Polwan) asal Prabumulih lulus menjadi polisi dan bakal menempuh pendidikan di SPN Betung untuk bintara dan Akpol di Semarang.

“Artinya, jangan pernah menyerah untuk berusaha dengan kemampuan yang dimiliki. Harus yakin dan akhirnya cita-cita bisa diwujudkan,” ucapnya. Sambungnya, beberapa bintara masuk polisi tahun ini. Sebutnya, hasil bimbingan dan latihan (Binlay) Polres Prabumulih mengoptimalkan potensi yang dimiliki pelajar ingin masuk polisi. “Binlat ini, akan terus dilakukan Polres Prabumulih dari tahun ke tahun. Mengoptimalkan potensi pelajar yang ingin masuk polisi di Prabumulih. Tahun ini, satu Akpol hasil binlat 2018 dan 2 Bintara hasil binlat 2019,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed