oleh

1 Desember, Wajib Huni Lapak PIB

Prabumulihpos.co.id – Sebanyak 96 lapak pedagang dan 8 lapak agen ikan di Pasar Ikan Basah (PIB) di Pasar Tradisional Modern (PTM)  dilakukan pengundian, Senin (29/11/2021).

Wakil Walikota (Wawako), H Andriansyah Fikri SH disaksikan Asisten II, HM Yusuf Arni SPd MM dan Plt Kepala Dinas Perikanan (Kadiskan), Titing SP langsung melakukan pengundian di depan para pedagang dan agen ikan.

“Lapak sudah diundi, sah ditandatangani apabila telah menandatangani pernyataan. Poinnya, tidak boleh memperjualbelikan atau menyewakan lapak dibagikan,” sebut Fikri, sapaan akrabnya, kemarin.

Lalu, aku orang nomor dua di Kota Nanas ini, harus mematuhi ketentuan dan juga menjaga kebersihan. Dan, apabila pernyataan itu diingkari lapak akan dialihkan ke pedagang lainnya.

“Penghuninya, adalah semua pedagang dan agen ikan lama. 1 Desember, lapak ini harus ditempati. Apalagi, 11 Desember akan diresmikan penggunaannya atau operasionalnya,” kata suami Hj Reni Indahyani SKM MSi ini.

Politisi PDIP ini menegaskan, agar para pedagang dan agen ikan harus segera pindah ke PIB biar ramai. Apalagi, pasarnya lebih nyaman dan bersih. “Air sudah mengalir, semua prasarana pendukung PIB sudah ada,” tukas ayah empat anak ini.

Lanjut Fikri, tahun pertama lapak di PIB ini digratiskan kepada pedagang dan agen ikan. “Kalau 2022, sewa lapaknya gratis. Ke depan, pada 2023 baru bayar sewa,” bebernya.

Sementara itu, Asisten II, HM Yusuf Arni SPd MM mengungkapkan, kalau pedagang dan agen ikan pindah ke PIB bakal mendapatkan 1 unit timbangan, cool box, seragam, dan lainnya. “Ini semuanya gratis, diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada pedagang,” terang Yusuf.

Mantan Kabag Kesra ini, mendorong agar para pedagang dan agen ikan di PIB ini menjadi tauladan dan percontohan. “Karena, nantinya akan ada reward bakal diberikan Pak Wako dan Pak Wawako, ayo pindah dan tempat PIB pada 1 Desember ini,” ajaknya.

Rusdi, salah satu pedagang ikan mengaku, puas dan bersyukur atas telah diundinya lapak di PIB. Dan, ia menyatakan kesediaannya untuk pindah dan menempati lapak tersebut.

“Segera kita tempati, lapak sudah diundi untuk tempat berjualan ikan,” sebutnya.

Ia pun, meminta agar seluruh pedagang ikan kini berjualan di Pasar Inpres serentak pindah ke PIB. “Biar ramai, jualan di PIB. Kalau tidak ditertibkan, saya yakin tidak banyak akan pindah,” tegasnya. (03)

Komentar

News Feed